Beberapa waktu lalu Shenzhen Xunlong selaku produsen perangkat single board computer telah merilis varian terbaru dari Orange Pi PC dengan seri Zero. Ukuran perangkat tersebut pun tak lebih dari seukuran kartu kredit, yang menjadi rival berat Raspberry Pi Zero.

orange-pi-pc-2_02

Nah kini mereka kembali merilis varian terbaru dari Orange Pi PC, seperti yang diberitakan oleh Liliputing. Kini varian tersebut bernama Orange Pi PC 2, yang menjadi generasi penerus single board computer pertama mereka, yang diluncurkan pada Agustus tahun lalu.

Ukurannya masih sama dengan kebanyakan single board computer, yang seperti kartu kredit. Namun pada sisi performa, Shenzhen Xunlong menanamkan beberapa peningkatan, seperti pada bagian prosesornya. Orange Pi PC 2 ini telah menggunakan prosesor quad core dari Allwinner H5 quad-core ARM Cortex-A53, yang disandingkan dengan pengolah grafis dari Mali-450.

orange-pi-pc-2_01

RAM yang terdapat pada Orange Pi PC 2 ini sebesar 1GB dan dapat menampung penggunaan kartu memori micro SD hingga 64GB.Detail dimensinya pun memiliki panjang 85mm, lebar 55mm dan berat sekitar 70 gram.

Ada port HDMI 1.4 dan jack A/V untuk output gambarnya, lalu ada tiga buah port USB 2.0, sebuah port micro USB dan penerima sinyal inframerah. Tak ketinggalan juga ada header 40 pin yang dapat digunakan untuk menggunakanan komponen tambahan, yang kompatibel untuk perangkat Raspberry Pi.

orange-pi-pc-2_05

Soal harga jelas Shenzhen Xunlong mematok harga yang sangat murah untuk dapat membawa pulang Orang Pi PC 2, yakni 20 USD atau berkisar 27 ribu Rupiah. Untuk sistem operasi yang dapat digunakan pada Orange Pi PC 2 ini antara lain Android, Ubuntu, Debian, bahkan Raspbian yang juga digunakan oleh perangkat Raspberry Pi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here