Penggunaan komputer kecil yang seukuran kartu kredit atau biasa disebut dengan single board computer beberapa tahun terakhir memang sedang marak digunakan. Saaat ini sudah banyak sekali peredaran single board computer yang menjamur. Menggunakan penamaan “nama buah + Pi” membuat beberapa produsen komputer seukuran kartu kredit ini berlomba-lomba menciptakan perangkat yang lebih ampuh dengan ukuran yang lebih kecil, namun performanya tetap powerfull.

opi-zero-1

Mungkin kita telah mengenal Raspberry Pi, Orange Pi dan Banana Pi yang tenar akhir-akhir ini. Nah kini ada produsen Orange Pi yang kembali memperkenalkan single board computer mereka. Seperti yang dilansir dari Liliputing, kini Orange Pi hadir dengan single board computer mereka dengan nama tambahan Orange Pi Zero.

Dari namanya, produk terbaru Orange Pi Zero ini ditujukan untuk menjegal kompetitor utamanya, Raspberry Pi Zero. Dengan dibanderol harga yang lebih mahal dari pesaingnya tersebut, Orange Pi Zero menawarkan spesifikasi yang lebih memadahai, sebagai single board computer yang diperuntukkan para pengembang.

opi-zero-2

Seperti penggunaan prosesor quad core dari Allwinner H2 ARM Cortex-A7. Soal pengolah grafis ada GPU Mali 400-MP2. Orange Pi Zero memiliki RAM sebesar 256MB dan ada juga varian RAM 512MB. Dimensi dari single board computer ini tak memakan banyak ruang, karena memiliki ukuran panjang 52mm dan lebar 46mm.

opi-zero-0

Selain itu terdapat juga sebuah slot USB 2.0 dan micro USB, serta port Ethernet. Tak ketinggalan juga ada konektor header 13 pin, yang dapat digunakan untuk menambahkan komponen seperti output TV atau komponen lainnya. Bahkan ada juga modul WiFi yang dapat digunakan secara langsung

Bicara soal harga sudah kami sebutkan di awal bahwa Orange Pi Zero ini dibanderol lebih mahal dari Raspberry Pi Zero, yakni dengan angka 7 USD atau berkisar 91 ribu Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here