OS Android O Bakal Punya Fitur “Notification Dots”

OS Android O Bakal Punya Fitur “Notification Dots”

OS Android dan iOS merupakan dua platform mobile yang bersaing ketat dengan mengedepankan fitur mereka masing-masing. Namun jika Anda belum familiar, salah satu perbedaan utama antara iOS dan Android adalah cara kedua platform itu menangani pemberitahuan.

notification-dot-android-o-640x519

Pada platform iOS, pemberitahuan datang dalam dua bentuk, melalui badge aplikasi di mana ada nomor yang ditampilkan pada ikon aplikasi untuk menunjukkan berapa banyak pemberitahuan/pesan/email yang ada, dan juga di Notification Center. Sementara dengan Android, pemberitahuan ada di bagian atas ponsel di sebelah ikon waktu, tanggal, dan indikator baterai, serta dalam di dalam Notification Shade.

Untuk kasus ini, tidak ada cara yang benar atau salah dan itu tergantung pada preferensi pribadi masing-masing, tetapi tampaknya bahwa Android bisa mendapatkan fitur yang sama dengan iOS dalam bentuk “Notification Dots” atau berupa titik yang ditambahkan pada ikon aplikasi.

Diumumkan sebagai salah satu fitur dari Android O, Google menulis, “Notification Dots memperluas jangkauan pemberitahuan, cara baru bagi pengembang untuk permukaan aktivitas di aplikasi mereka, mengendalikan keterlibatan. Dibangun pada sistem notifikasi kami yang unik dan sangat diperhatikan, dots bekerja dengan tanpa usaha untuk sebagian besar aplikasi – kami bahkan mengekstrak warna dot dari ikon Anda “.

Preview
Preview

Pada dasarnya ikon aplikasi akan menampilkan titik ketika ada pemberitahuan masuk. Pengguna bahkan dapat menekan lama pada ikon aplikasi untuk memunculkan preview pemberitahuan, serta jika menolak dari Notification Shade juga akan membersihkan titik dari ikon aplikasi. Tidak jelas apakah fitur ini adalah opsional karena kami yakin beberapa pengguna ada yang akan menghargai itu sementara yang lain tidak, karena setiap orang memiliki prefensi masing-masing.

NO COMMENTS

Leave a Reply