OS mobile saat ini memang masih kalah jika dibandingkan dengan OS desktop seperti Windows yang memiliki kemampuan lebih banyak. Namun secara perlahan, OS mobile mulai mengadopsi fitur-fitur yang ada pada OS desktop. Beberapa kemampuan OS desktop yang sudah diadopsi oleh OS mobile termasuk fitur multi-window, prosesor 64 bit, serta memori RAM sekelas PC yang dapat mencapai 6GB dan 8GB.

Patent

Meski smartphone atau tablet kita bisa menjadi komputer kecil yang mudah untuk digunakan, namun terkadang ada hal-hal yang lebih baik dilakukan pada komputer. Misalnya kemampuan copy paste di OS mobile masih cukup sulit dibandingkan ketika menggunakan komputer. Namun tampaknya Google telah membuat solusi agar hal itu lebih mudah dilakukan.

Fitur lain yang dimiliki komputer adalah drag-and-drop, di mana pengguna dapat menyeret file ke folder lain dengan mudah, atau tarik foto ke email, dan sebagainya. Kabar baiknya, jika Anda pengguna Android, kemungkinan Anda akan mendapatkan fitur serupa di masa mendatang. Hal ini diketahui dari paten baru, dimana Google tengah bekerja pada metode drag-and-drop untuk OS mobile.

Pada dasarnya fitur ini memungkinkan setiap kali Anda mencoba untuk menyeret file, daftar aplikasi yang sesuai akan muncul di mana Anda dapat memilih apa yang ingin Anda lakukan. Misalnya Anda bisa menyeret file seperti foto untuk aplikasi foto editing, galeri, atau bahkan mungkin file manager di mana Anda dapat memindahkannya ke folder terpisah.

Namun mengingat bahwa ini masih berupa dokumen paten, tidak ada yang mengatakan jika Google akan benar-benar menerapkannya ke dalam OS Android, meskipun ide tersebut memang disukai banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here