Perusahaan yang didirikan oleh para mantan karyawan Nokia, Jolla, kini mengumumkan bahwa sistem operasi yang mereka kembangkan yakni OS Sailfish kini bisa dipakai pada hardware untuk handphone Android. Selain itu, sistem operasi tersebut pun bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi Android.

Keberadaan fitur tersebut pun tentunya memberikan opsi lain baik bagi para produsen smartphone ataupun bagi konsumen. Konsumen terutama, bisa mendapatkan pengalaman lain memakai sebuah sistem operasi namun tetap bisa memperoleh fitur yang dipunyai oleh handphone Android.

CEO Jolla, Tomi Pienimaki juga berusaha mengambil hati para pecinta produk Nokia pasca langkah akuisisi Microsoft. Sebagai wujudnya, mereka pun kini kembali membuka layanan pre order smartphone Sailfish melalui situs resmi perusahaan. Pienimaki mengatakan bahwa langkah tersebut dilakukan terkait banyaknya permintaan akan smartphone Jolla. “Hal ini ditargetkan untuk konsumen Finlandia yang ingin mengekspresikan hasratnya untuk industri mobile Finlandia,” ujarnya.

OS Sailfish yang tersemat pada smartphone Jolla merupakan sistem operasi yang dikembangkan dari OS Meego. Sebagaimana diketahui, Meego adalah OS yang sempat dikembangkan oleh Nokia dan dipakai pada Nokia N9.

via Phonearena

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here