Berbagai produsen smartphone luar negeri saat ini memang dituntut untuk mematuhi aturan terkait Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN). Tak terkecuali adalah Samsung yang ternyata bahkan sudah mempunyai pabrik perakitan produk-produk smartphone miliknya di Indonesia, tepatnya di Cikarang, Jawa Barat.

Dalam pernyataannya, VP COrporate Business and Corporate Affairs Samsung Electronic Indonesia Kanghyun Lee menjelaskan kalau pabrik tersebut telah beroperasi sejak tahun 1991. Pabrik tersebut pun tak hanya berfungsi sebagai pabrik perakitan smartphone, namun juga produk lainnya seperti TV, set top box ataupun DVD.
galaxy s6 edge
Namun secara khusus, proses perakitan smartphone di pabrik ini baru dilakukan mulai 22 Januari 2015 lalu. Lee pun menjelaskan kalau dengan adanya pabrik perakitan tersebut, maka smartphone Samsung yang dijual di Indonesia akan dilabeli dengan tulisan ‘Dibuat di Indonesia’. Termasuk di antaranya adalah Samsung Galaxy S6 Edge.

Meski begitu, pabrik ini seperti dikungkapkan oleh Lee belum memenuhi standar TKDN yang akan diberlakukan oleh pemerintah. Dia mengatakan kalau pabrik tersebut sebatas hanya melakukan proses perakitan dan belum ada aktivitas produksi komponen untuk smartphone.

via Detik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here