You are currently viewing Panasonic Kembangkan Baterai Lithium-ion Tipis yang Dapat Dilipat

Panasonic Kembangkan Baterai Lithium-ion Tipis yang Dapat Dilipat

Satu hal yang tak bisa lepas dari perangkat mobile adalah komponen baterai sebagai sumber daya. Panasonic merupakan salah satu perusahaan besar dunia telah berhasil menjadi yang terdepan dalam memasok baterai untuk perangkat mobile seperti smartphone dan lain-lain. Kini perusahaan asal Jepang itu kembali dengan memperkenalkan baterai lithium-ion terbaru.

l-en160929-8-1

 

Berbeda dengan baterai biasa, baterai terbaru milik Panasonic ini fleksibel yang berarti bisa ditekuk. Selain memiliki fleksibilitas yang sangat luar biasa, baterai kembangan Panasonic ini sangat tipis, yakni hanya setebal 0,55 mm. Tentu dengan dimensi dan kemampuan fleksibel yang dimiliki baterai tersebut, itu sagat cocok digunakan pada perangkat wearable atau perangkat elektronik kecil lainnya.

Baterai terbaru dari Panasonic ini memiliki kemampuan fleksibilitas, di mana baterai dapat dilipat hingga 15 derajat dan bisa kembali ke bentuk semula dengan sendirinya. Karena ditujukan untuk perangkat mobile atau wearable, tentu baterai memiliki kemampuan dapat diisi ulang.

l-en160929-8-2

Karena masih merupakan tahap awal pengembangan, jadi kapasitas yang dimiliki oleh baterai ini masih terbilang sangat minim. Ketiga model baterai ini masing-masing memiliki kapasitas 17,5mAh, 40mAh, dan 60mAh. dengan kapasitas serendah itu, tentu untuk digunakan pada perangkat smartphone belum mencukupi. Namun dengan pengembangan baterai, mungkin Panasonic bisa membuat baterai fleksibel dengan kapasitas yang lebih besar.

Dengan kemampuannya yang dapat dilipat, faktor keamanan masih menjadi hal yang utama, namun perusahaan telah mengklaim jika baterai ini aman digunakan karena mereka telah menggunakan lapisan khusus di bagian luar yang memiliki susunan material tidak mudah bocor dan tidak akan mengalami panas berlebih meski telah dibengkokan atau ditekuk berulang-ulang.

Baterai fleksibel lithium-ion dari Panasonic ini bakal tersedia untuk penjualan pada akhir bulan Oktober nanti. Para perusahaan besar dunia saat ini juga berlomba-lomba menghadirkan perangkat yang memiliki sifat fleksibel. Saat ini smartphone yang terkenal akan fleksibilitasnya adalah LG G Flex series. Dengan dikembangkannya baterai dan komponen fleksibel lainnya, mungkin beberapa waktu yang akan datang semakin banyak perangkat fleksibel tersedia di pasaran.

Reza Hendrawan

Penulis artikel junior yang memulai karir sebagai penulis di Berita Teknologi. Pengguna Android yang lebih suka membahas tentang perangkat mobile, aplikasi mobile, game dan gadget terbaru tentunya. Salam Tekno!

Leave a Reply