Sebuah kamera digital namun dengan sistem operasi Android? Mungkin hal ini sempat berada dibenak Anda mengingat eksistensi sistem operasi berlogo robot hijau ini tidak diragukan lagi. Namun bila kita perhatikan, masih sangat sedikit kamera yang menggunakan sistem operasi Android, karena para produsen cenderung menggunakan desain antarmuka milik mereka sendiri. Sebut saja beberapa kamera dengan sistem operasi Android seperti Samsung Galaxy Camera NX, Nikon CoolPix S800c atau Polaroid iM1836.

lumix-dmc-cm10-01

Nah demi meningkatkan gairah kamera digital dengan sistem operasi Android, kini Panasonic mencoba memperkenalkan produk terbarunya, Lumix DMC-CM10. Dikutip dari Liliputing, Rabu (20/1/2016), Lumix DMC-CM10 ini menggunakan Android 5.0 Lollipop, yang disandingkan dengan lensa DC 28mm besutan Leica.

Pada bagian antarmuka, terdapat layar seluas 4,7 inci yang memiliki resolusi Full HD. Dengan menggunakan chipset dari Qualcomm Snapdragon 801 dan RAM sebesar 2GB, kamera Lumix DMC-CM10 mampu menghasilkan video dengan resolusi tinggi, yaitu 4K. Tidak hanya itu, terdapat konektivitas seperti WiFi 802.11ac dan Bluetooth 4.0 untuk transfer file foto atau video dengan perangkat lain.

lumix-dmc-cm10-02

Kamera yang mengusung sensor 20 megapiksel ini telah dibekali dengan memori penyimpanan sebesar 16GB, tentunya masih dapat diperluas lagi menggunakan kartu memori jenis micro SDXC. Untuk sumber energi pada kamera ini, ada baterai berukuran 2.600mAh. Seperti kamera pada umumnya, meski menggunakan sistem operasi Android dan komponen yang mirip dengan smartphone, Panasonic Lumix DMC-CM10 ini tetap dibekali dengan tombol shutter untuk mengambil gambar.

Soal harga, pihak Panasonic belum memberikan informasi lebih detail, namun diprediksi harga dari kamera dengan sistem operasi Android ini dibanderol dengan harga 100.000 Yen yang berkisar 12 juta Rupiah. Tertarik untuk melengkapi koleksi kamera Anda?

(ND/WCCFtech)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here