Panasonic Lumix DMC-G80 / DMC-G85 Kamera Mirrorless Penerus Lumix G7 dengan DUAL...

Panasonic Lumix DMC-G80 / DMC-G85 Kamera Mirrorless Penerus Lumix G7 dengan DUAL IS

by -

Akhirnya Lumix G7 telah mendapatkan penerus baru bernama Lumix G80 atau G85 di Amerika dengan membawa sejumlah peningkatan dan fitur baru.

Pendatang baru ini masih menggunakan sensor 16MP Four Thirds dan tanpa filter anti aliasing namun sudah dilengkapi dengan bodi yang lebih kuat, lebih tahan cuaca serta debu sehingga tidak masalah apabila kamera ini kehujanan saat dipakai berfoto ria atau di lingkungan outdoor.

lumix-g85

Lalu ada peningkatan sistem stabilisasi menjadi 5-axis Dual IS 2 yaitu kombinasi/sinkronisasi antara teknologi O.I.S. (Optical Image Stabilizer, 2-axis) serta B.I.S. (Body Image Stabilizer, 5-axis) membuat stabilisasi kamera ini untuk pengambilan foto maupun video yang lebih baik dibanding pendahulunya maupun kebanyakan kamera lainnya. Fitur ini membuat Lumix G80/85 memiliki bekal lebih baik dalam bersaing dengan kompetitornya yaitu Olympus EM-5 II yang telah lebih dulu dikenal dengan fitur stabilisasinya.

Lumix G80 ini juga memiliki fitur 4K PHOTO di mana pada kita dapat mengambil foto dari rekaman video 5K 30 fps menjadi foto beresolusi 8-megapixel yang juga dilengkapi Post Focus dan Focus Stacking.

Fungsi Focus Stacking pada kamera ini memungkinkan pengguna menyesuaikan depth of field setelah pengambilan gambar hanya dengan memilih area fokus lebih dari satu area focus.
post-focus

Untuk video 4K, G80/G85 ini masih menghasilkan kemampuan perekaman video 4K/30p yang sama dengan Lumix G7 dan fitur autofocus menggunakan teknologi Depth from Defocus.

Electronic viewfinder OLED pada kamera ini juga mengalami peningkatan dari pendahulunya dengan fitur magnification sampai 0.74X.  Selain itu kamera ini juga dilengkapi LCD 3″ jenis layar sentuh.

lumix-g80

Adapun peningkatan lain pada kamera ini adalah desain ulang shutter dengan menyertakan electromagnetic shutter sehingga mengurangi goncangan/goyangan pada saat menekan tombol pengambilan gambar.

Panasonic G85 akan tersedia di US dengan harga $899 untuk body only dan $999 untuk paket kit lensa 12-60mm F3.5-5.6 Power O.I.S.

lumix-g85-top

Spesifikasi Panasonic Lumix G80 / G85:

  • 16MP Four Thirds MOS sensor w/o optical low pass filter
  • 5-axis image stabilization with Dual I.S. 2
  • Splash/dust-proof body
  • Depth from Defocus AF
  • 2.36M-dot OLED EVF
  • 3-inch 1.04M-dot fully-articulating touchscreen LCD
  • 4K video / photo
  • Focus stacking dan post focus

NO COMMENTS

Leave a Reply