Beberapa bulan lalu, Panasonic telah memperkenalkan tablet 2 in 1 yang tidak biasa. Maksud dari tidak biasa di sini adalah karena tablet tersebut memiliki daya tahan yang sangat kuat, bahkan untuk kondisi ekstrim sekaligus, yaitu Toughbook 20. Nah kali ini pada ajang CES 2016 yang belum lama digelar, Panasonic memperkenalkan produk serupa, yaitu ToughPad FZ-Q1.

toughpad-fz-q1-0

Dilansir dari Liliputing, Senin (11/1/2016), ToughPad FZ-Q1 ini memiliki desain bodi yang kokoh, dengan balutan bahan yang keras di bagian luarnya. Tidak seperti pada tablet pada umumnya, tablet dari Panasonic ini dilapisi dengan case yang mampu menyerap goncangan bila jatuh. Selain itu, casis pada ToughPad FZ-Q1 ini berbahan magnesium alloy, yang mana bahan ini lebih ringan dibandingkan dengan aluminium alloy.

Dengan mengusung desain fanless alias tanpa pendingin kipas, tablet ToughPad FZ-Q1 ini dibekali dengan layar seluas 12,5 inci yang di dalamnya terdapat resolusi sebesar 1920×1080 piksel. Untuk jeroannya, terdapat dua varian yang ditawarkan oleh Panasonic, yaitu yang mengusung prosesor Intel Celeron N2807 yang juga terdapat RAM sebesar 4GB dan kapasitas penyimpanan 64GB dengan eMMC, atau yang menggunakan prosesor Intel Core i5 4302Y, RAM 8GB, dan memori penyimpanan menggunakan SSD berkapasitas 128/256GB.

Tablet ToughPad FZ-Q1 yang disandingkan dengan keyboard tambahan
Tablet ToughPad FZ-Q1 yang disandingkan dengan keyboard tambahan (Kredit: Liliputing)

Kamera pada Toughpad FZ-Q1 ini ada dua, yaitu 8 megapiksel pada bagian belakang dan 2 megapiksel pada kemera depannya. Untuk koneksi, ToughPad FZ-Q1 ini sudah dilengkapi dengan jaringan 4G LTE, WiFi 802.11ac, dan Bluetooth 4.0. Tidak ketinggalan juga terdapat slot pembaca memori jenis micro SD. Digadang-gadang mampu bertahan selama 9 jam, tablet ini dibekali dengan sistem operasi Windows 7 atau Windows 8.1.

Soal harga, Panasonic mematok harga sebesar 1.000 USD (14 juta Rupiah) untuk yang menggunakan proseor Intel Celeron, dan 1.700 USD (24 juta Rupiah) untuk yang menggunakan prosesor Intel Core i5 4302Y. Memang mahal jika dibandingkan dengan tablet yang beredar di pasaran, namun yang disajikan pada tablet ToughPad FZ-Q1 ini bukanlah performanya, tapi ketahanannya saat digunakan pada pekerjaan outdoor atau kondisi ektrim, yang mana tablet biasa tidak mampu bertahan.

(ND/Liliputing)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here