Samsung memiliki panel LCD 10.1-inch baru dengan resolusi tinggi  yang siap untuk dipamerkan minggu depan di mana akan mampu menampilkan resolusi 2560 x 1600px yang rencananya akan dipamerkan pada acara Simposium Internasional SID Display Week 2011  mulai Selasa 17 Mei. Dan layar ini akan cocok untuk digunakan pada tablet. Panel ini memiliki resolusi 300dpi, sama seperti kualitas media cetak pada umumnya, dan itu resolusi kepadatan sama yang Apple gunakan  untuk  Retina Display.

Panel LCD baru Samsung ini menarik karena dua alasan. Pertama adalah bahwa hal itu menggunakan teknologi RGBW PenTile . PenTile adalah cara pengelompokkan subpiksel – setiap  “piksel” multicolor di layar terdiri dari beberapa titik satu warna yang lebih kecil. Dalam kasus PenTile, ada lima titik (maka bagian “terpendam” atau “panca” dari nama). Bagian RGBW berarti bahwa piksel putih ekstra akan ditambahkan dengan yang warna merah, hijau dan  biru.

Piksel putih ini bekerja sama dengan variabel, lokal peredupan lampu latar. Hal ini landai ketika diperlukan warna-warna cerah, tetapi ketika warna desaturated atau hanya hitam dan putih, meredupkan lampu latar dan hanya pixel putih diaktifkan. Hal ini katanya akan mengurangi konsumsi daya sebesar 40%  dibanding panel stripe RGB biasa .

Dan memang pengurangan daya adalah kunci keunggulan penggunaannya dalam tablet. Penarikan terbesar daya baterai tablet adalah pada layar.  (sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here