Mengambil gambar foto panorama sudahlah hal yang biasa namun tetaplah tidak semua orang bisa menggunakan atau memiliki perangkat yang mendukung foto panorama. Dan biasanya foto panorama yang dihasilkan terbatas pada foto panorama sampai 180 derajat saja maksimal.  Hanya dengan perangkat khusus yang mahal dan susah digunakan yang biasa mampu menghasilkan gambar panorama 360 derajat.

kamera_bola_panono

Oleh karena itu seorang kreatif bernama Jonas Pfeil menciptakan sebuah bola kamera yang dengan mudah bisa menghasilkan gambar panorama secara 360 derajat dengan cara yang sangat mudah, yaitu dengan melempar bola kamera ini ke atas dan secara otomatis lensa kamera-kamera kecil dalam berjumlah 36 yang ada pada bola ini akan mengambil gambar-gambar foto pada saat di udara. Dan tak lama kemudian kita bisa langsung menikmati hasil foto panorama 360 derajat dalam kualitas rendah dan dalam beberapa menit kemudian gambar panorama berkualitas tinggi sampai 108 mp akan tersedia.

Bagaimana? Keren bukan idenya? Saat ini bola Panono ini sudah bisa digunakan hanya saja belum diproduksi untuk dipasarkan, dan masih menggalang kampanye pengumpulan dana di Indiegogo untuk merealisasikan produk ini.

Bila Anda ingin mendukung produk ini bisa menyumbang dana ke http://www.indiegogo.com/projects/panono-panoramic-ball-camera

Nantinya Panono akan dipasarkan dengan harga 600 USD yang terhitung tidak murah dengan fungsi yang spesifik untuk kamera panorama 360 derajat saja.

Anda bisa melihat demo hasil kamera Panono di bawah ini:

Dan supaya lebih jelas bisa melihat video Panono berikut: