Aksi pencurian pada mesin ATM masa kini tidak seperti dulu, dimana sekarang pun terdapat program canggih yang dapat mengelabuhi sebuah sistem. Ada berbagai cara konvensional seperti membobol dan menggondol mesin ATM secara paksa. Namun hacker yang satu ini tidak perlu repot-repot merusak mesin ATM karena dengan memanfaatkan celah, dirinya berhasil membawa uang jutaan hingga miliaran Rupiah.

atm-hack

Adalah Emanual Leahu, seorang pria asal Rumania yang berhasil mencuri pada mesin ATM, tanpa harus merusak secara fisik atau membawa mesin tersebut. Seperti yang dilansir dari The Hacker News, Sabtu (8/10/2016), Emanual diketahui memanfaatkan celah pada sistem mesin ATM yang ada di Eropa, dengan menanamkan malware. Dengan begitu, pria ini mendapat akses untuk mengambil semua uang yang terdapat pada mesin ATM tersebut.

Aksinya tersebut harus berakhir karena kepolisian London berhasil meringkusnya. Berawal dari kecerobohannya sendiri, dimana saat hendak membobol mesin ATM dengan memasangkan malware pada mesin ATM, wajahnya tertangkap kamera pengawas. Tidak sulit bagi polisi untuk menangkap pria 30 tahun tersebut, karena telah mengetahui identitas Emanual.

Pria ini diyakini merupakan salah satu anggota dari kelompok sindikat pembobolan mesin ATM di Eropa. Polisi mengatakan ada lima anggota dari kelompok tersebut, namun dua diantaranya telah tertangkap pada tahun 2014 dan 2015 silam, dengan hukuman kurungan penjara 5 dan 7 tahun atas aksi pencurian pada mesin ATM. Angka pencuriannnya pun tak tanggung-tanggung, polisi menyebutkan bahwa setidaknya kelompotan ini telah membobol 51 mesin ATM dengan uang sejumlah 2 juta USD atau sekitar 25,9 miliar Rupiah.

Dengan tertangkapnya Emanual Leahu, tersisa dua anggota lagi yang buron. Pihak kepolisian pun telah mengantongi data-data dari keduanya. Disinyalir mereka masih berkeliaran di sekitar Rumania.

Kepolisian London pun menghimbau pada bank-bank yang ada di Inggris untuk segera memperbarui sistem keamanan pada mesin ATM mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here