Beberapa hari lalu, sempat muncul bocoran informasi terkait keberadaan komputer mini Raspberry Pi terbaru generasi ketiga. Dan kini, komputer tersebut pun telah secara resmi diperkenalkan dengan nama Raspberry Pi 3 Model B. Dan seperti yang telah diberitakan sebelumnya, komputer mungil terbaru ini memberikan fitur yang tak dipunyai oleh Raspberry Pi generasi lawas. Fitur tersebut tak lain adalah keberadaan built-in WiFi dan Bluetooth.

Komputer mungil Raspberry Pi 3 Model B ini hadir dengan prosesor quad core 64-bit berkecepatan 1,2GHz yang ditunjang dengan keberadaan RAM 1GB. Performa komputer mini ini pun mengalami peningkatan hingga 50 persen dibandingkan dengan genasi sebelumnya. Terlebih lagi harga jual dari Raspberry Pi 3 Model B ini tetap dijual dengan harga sama, yakni 35 USD.

Tak hanya dari segi harga, ukuran mungil pun tetap menjadi nilai plus dari Raspberry Pi 3 Model B ini. Founder Pi Eben Upton mengatakan kalau PC mungil yang satu ini masih mempunyai desain mungil seukuran kartu kredit. Komputer ini, lanjutnya, bakal memberikan kemungkinan baru untuk membangun proyek IoT serta perangkat embedded.

Dan tentunya, keuntungan utama dari perangkat komputer mungil yang satu ini adalah pada fitur konektivitas WiFi serta Bluetooth di dalamnya. Upton pun bahkan mengatakan kalau dengan bentuknya yang mungil seperti ini, tidak mengherankan kalau dia menyebut kalau Raspberry Pi 3 Model B ini merupakan generasi pertama Raspberry yang bisa dicolokkan di belakang TV dan bakal dengan mudah terlupakan karena bentuknya yang mungil.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here