Setelah sempat diperkenalkan pada bulan Juni yang lalu di acara DevCon grup, akhirnya spesifikasi untuk standar PCI Express 4.0 resmi diumumkan dan dipublikasikan oleh kalangan produsen PCI-SIG (Special Interest Group) yang terdiri dari AMD, Intel, NVIDIA, dan petinggi teknologi terkemuka lainnya baru-baru ini.

Tawarkan kecepatan transfer 16GT/ s dengan konfigurasi luas jalur fleksibelnya, PCI Express 4.0 (PCIe 4.0) diklaim memiliki kemampuan dua kali lipat bitrate raw PCIe 3.0 dan lebih dari tiga kali lipat bitrate PCIe 2.0. Sebagai perbandingan, dalam mode full duplex, PCIe 4.0 kabarnya sanggup mencapai sekitar 64GB/s bandwidth bi-direction x16, sedangkan PCIe 3.0 hanya sekitar 32GB/s, PCIe 2.0 sekitar 16GB, dan terlebih PCIe 1.0 hanya 8GB/s.

Berbeda dengan ketiga versi pembaharuan spesifikasi PCIe sebelumnya kerap dirilis dalam kurun waktu 3-4 tahun sekali, (yaitu: PCIe 1.0 memulai debutnya pada tahun 2003, diikuti oleh PCIe 2.0 pada tahun 2006 dan PCIe 3.0 pada tahun 2010), PCIe 4.0 dihadirkan setelah 7 tahun berselang sejak spesifikasi PCIe terakhir selesai. Hal ini tentunya lebih dikarenakan bukanlah sesuatu yang mudah untuk menggandakan bandwidth setiap beberapa tahun sambil mempertahankan kompatibilitasnya.

PCIe 4.0 tiba pada saat perhatian jutru lebih ditujukan pada keberadaan bus PCIe. Selain kartu grafis, penyimpanan membuat transisi ke PCIe di arus utama, dengan drive solid state M.2 NVMe yang baru seperti data seri Optane SSD 900P terbaru besutan Intel diakomodir melalui bus PCIe.

Ada yang menyebutkan kalau AMD dan NVIDIA sudah tidak menekankan untuk menjalankan beberapa kartu grafis, terutama karena dukungan dari pengembang belum dilakukan dalam banyak kasus. Terlebih untuk menjalankan dua GPU yang tidak melipatgandakan kinerja game melalui sebuah GPU tunggal, terkadang bisa menggerus performa yang ada. Nah, dengan kehadiran spesifikasi PCIe 4.0 yang baru ini, tampaknya akan sangat menarik untuk ditunggu, apakah sejumlah kartu grafis juga akan menjadi fokus ke depannya.

Selain mengklaim kalau spesifikasi PCI Express 4.0 telah diterima dengan baik oleh pengadopsi awal, PCI-SIG tampaknya juga sudah melihat ke depan melalui keberadaan PCIe 5.0 terbarunya mendatang yang rencananya bakal tersedia pada kuartal kedua tahun 2019.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here