Sementara saat ini banyak pengendara sepeda memilih menggunakan pedal clipless, namun banyak pengguna sepeda lainnya yang tidak suka ide mekanis seperti itu. Hal tersebut dikarenakan, banyak dari mereka yang kesulitan untuk mendapatkan pijakan yang pas di pedal. Hal inilah yang membuat David Wiliiams dan timnya untuk pertama kalinya membuat pedal Maglock.

maglock-vault-4

Apa itu pedal Maglock? Mungkin ini masih asing, namun ini merupakan pedal yang menggunakan magnet untuk mempertahankan kaki pengendara. Pedal tersebut dikembangkan jauh lebih kecil, ringan dan lebih murah yang dikenal sebagai Vault. Pedal baru bekerja persis sama dengan Maglocks asli, sekarang dikenal sebagai model Fort Knox.

maglock-vault-3

Setiap pedal berisi 10 magnet neodymium silinder, yang bersama-sama menciptakan sekitar 14 kg dari daya tarik magnetik per pedal. Jika itu terlalu banyak, beberapa magnet dapat dihilangkan dengan melepas pelat penutup stainless steel pada pedal. Untuk melepaskan sepatu dari pedal, pengendara hanya perlu menggeser ke samping, tidak seperti clipless yang lebih rumit.

maglock-vault-2

Fort Knoxes saat ini dijual dengan harga $165 per set atau setara dengan Rp2,2 jutaan, sementara Vault dibanderol seharga $110 atau setara dengan Rp2,2 jutaan. Saat ini pengembang tengah menggalakan kampanye di situs crowdfounding Kickstarter, dimana pedal tersebut dapat dimiliki hanya dengan $65 atau setara dengan Rp800 ribuan, namun dengan asumsi jika proyek tersebut berhasil mencapai target goal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here