Peluncuran produk baru dengan jangka waktu yang dekat, tentunya menjadi fenomena yang cukup langka untuk sebuah perusahaan seperti Apple. Untuk produk iPad, Apple biasanya mengumumkannya dengan rentang waktu sekitar satu tahun.

Hal ini terlihat dari peluncuran iPad yang diperkenalkan pada 27 Januari 2010. Selanjutnya, Apple memperkenalkan iPad 2 pada 2 Maret 2011. Tren ini pun berlanjut pada peluncuran iPad 3 yang dilakukan pada 7 Maret 2012. Tren serupa juga dilakukan oleh Apple untuk produk iPhone. iPhone pertama kali dilaunching oleh Apple pada 9 Januari 2007. Selanjutnya, iPhone 3G diperkenalkan oleh Apple pada 9 Juni 2008. iPhone 3GS diperkenalkan oleh Apple pada 8 Juni 2009. Dan, tren rentang waktu tersebut pun terus berlanjut hingga peluncuran iPhone 5 yang dilakukan pada 12 September 2012.

Lalu, kenapa pada peluncuran iPad 4 dilakukan hanya enam bulan setelah peluncuran iPad 3? Terlebih setelah peluncuran tersebut, Apple pun menarik iPad 3 dari daftar ipad di situs resminya. Tak berhenti di situ, harga jual iPad 3 pun turun drastis dibandingkan harga penjualan awal. Ada apa dengan Apple?

Katy Huberty yang merupakan salah satu analis dari Morgan Stanley kepada Cnet mengatakan ada tiga alasan kenapa Apple melakukan hal tersebut.

Alasan pertama, dengan peluncuran iPad Mini, Huberty mengatakan bahwa iPad 3 akan menjadi “produk basi”. Kemungkinan besar, para konsumen pun akan lebih memilih iPad Mini dibandingkan iPad 3.

Alasan kedua, penjualan iPad 3 tidak terlalu tinggi seperti yang diharapkan. Hal ini terjadi karena tak ada terlalu peningkatan drastis yang dilakukan oleh Apple dari iPad 2 ke iPad 3. Oleh karena itu, Apple mengubah iPad 3 menjadi iPad 4 dengan penambahan chip Apple A6X.

Yang terakhir, Apple belajar dari penjualan iPod yang dikatakan Huberty mengalami peningkatan drastis. Peningkatan tersebut terjadi setelah Apple meluncurkan iPod dengan versi yang lebih kecil dibandingkan versi originalnya.

At least, itulah pendapat seorang analis. Namun, yang menjadi pertanyaan menarik lain adalah, apakah Apple juga akan meluncurkan iPad Mini 2 pada tahun depan? Jawaban itu tentu saja hanya bisa dijawab oleh Apple.

1 COMMENT

  1. Kenapa gak iphone 5 aja yang ditarik terus diganti iphone 5s? Biar ada perbbaikan di bug iphone 5.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here