Hati-hati bagi Anda yang kerap berbelanja melalui toko online dari Cina. Bisa-bisa, barang yang Anda beli tidak akan sesuai dengan deskripsi gambar yang ditampilkan oleh situs online tersebut.

Hal ini terungkap dalam sebuah voting yang dilakukan oleh Kementarian Perdagangan Cina. Dalam hasil survei tersebut terungkap bahwa komplain terbanyak dalam survei tersebut adalah barang yang dijual tidak sama dengan gambar di situs.

Total sebanyak 54.4 persen pembeli mengaku bahwa mereka tidak puas dengan barang yang mereka terima. Selain itu, sebanyak 70 persen pembeli mengaku bahwa komplain yang diungkapkan juga tidak ditanggapi oleh toko online. Komplain lainnya, di antaranya adalah customer service yang buruk, distribusi yang tak bisa diandalkan serta pengembalian produk yang sangat sulit.

Di Indonesia sendiri, situs jual beli online mulai banyak ditemui. Baik toko online skala besar ataupun berskala rumah tangga. Sayangnya, hingga kini belum ada survei serupa yang dilakukan terhadap situs-situs online di tanah air. Namun, apapun itu, tentunya harus berhati-hati kalau berbelanja via online.

(Via Tech in Asia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here