Para pengguna Gmail di negara Cina kini terpaksa tak bisa mengakses akun email miliknya. Hal tersebut terjadi setelah pihak pemerintah memutuskan untuk memblokir akses ke layanan email milik Google tersebut. Pemblokiran tersebut dilakukan oleh pemerintah Cina hingga pada level IP.

Kebijakan pemblokiran bukanlah sebuah hal yang baru di negara Cina. Bahkan sebelumnya, terdapat beberapa layanan milik Google yang juga telah diblokir oleh pemerintah Cina. Sebelumnya, pemblokiran tersebut dilakukan terhadap layanan seperti YouTube serta search engine Google.

gmail blokir

Pemblokiran terhadap layanan Gmail ini pun menjadi yang pertama kalinya terjadi di negara Cina. Pemblokiran Gmail di Cina ini pun sontak langsung ramai diperbincangkan di jejaring sosial oleh para pengguna internet di Cina. Dan lembaga analis Dyn Research pun mengungkapkan kalau banyak IP yang digunakan untuk mengakses Gmail telah diblokir.

Meski telah dilakukan pemblokiran IP pada akses Gmail, bukan berarti pengguna Gmail di Cina tak bisa mengakses akun email miliknya. Sebagai langkah alternatif, pengguna Gmail di Cina bisa mengakses akun miliknya melalui Proxy ataupun VPN.

via Mashable

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here