Menteri Komunikasi dan Informatika, Tifatul Sembiring mengatakan pemerintah telah secara resmi mengumumkan bahwa mendownload lagu di internet adalah kegiatan ilegal. Dikatakannya bahwa mendownload lagu di internet melanggar hak cipta, karena tidak seizin pencipta lagu.

Larangan diberlakukan agar pencipta tidak dirugikan. Dia mengungkapkan, saat ini banyak lagu atau file musik yang beredar melalui internet tersebut banyak diambil masyarakat tanpa sepengetahuan sang pencipta. Ini berarti merugikan para pencipta sehingga pihaknya melarang masyarakat mengambil lagu tersebut bila tidak diizinkan.

Selanjutnya, pemerintah akan mengatur regulasi agar masyarakat dapat mendownload lagu dengan bebas di internet. Nantinya pencipta lagu tidak memasang tarif terlalu besar bila ciptaannya diambil. “Tarifnya bisa saja hanya senilai Rp 1.000 per lagu dan itu tidak akan memberatkan masyarakat,” kata menteri seperti dikutip dari Republika.co.id.

Selama enam bulan ini, pihaknya akan terus melakukan sosialisasi terhadap regulasi ini. Dengan gencarnya sosialisasi, dia berharap jumlah masyarakat yang mendownload lagu di internet dapat berkurang.

10 COMMENTS

  1. yach .. kok g blh sich .. cz yg slh kan bkn si org yg download tp yg slh itu Org yg buat web .. ya shrs_na yg d tgur yg buat web donk .. klau per lagu 1000 cz lw download_na di wrnet gmna ..? kn kshn org yg usha wrnetan lw ank yg ngenet pke trif pketan kn bisa rugi yg pengush wrnt .. Itu aj sich coment dr q .. THX ..

  2. Echmmmmm…….. Apa sich yang indonesia kasih gratis buat rakyatnya….? Paling full juga janji2 aja. Yang gratisan apalagi mau pemilu.

  3. lagu kan produk yg banyak bgt….
    wong windows bajakan yg cuman beberapa produk aja msh terlalu bodoh untuk menanganinya….mau nangani lagu yg jumlahnya banyak…konyol.

  4. wew, jangan maen melarang sembarangan ….. bisa2 karya musisi indonesia gak laku di masyarakat, download juga merupakan alat penyalur lagu2 para musisi ke masyarakat ,, toh kita juga gak terlalu rugi klo lagu kita do download secara ilegal, malah seneng ada yg mau donload lagu kita trus nyebarin ke orang2 …..

  5. ada 2 saja urusin saja tuh hal.yg lain,masih banyak tuh yg korupsi kok ngurusin yg gak penting……

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here