You are currently viewing Pemerintah Ingin Terapkan Teknologi Fiber Google, Internet Cepat dan Murah di Depan Mata

Gonjang-ganjing terkait kebijakan kuota yang diberlakukan oleh Telkom kepada para pelanggan Indihome, para pelanggan pun kini banyak yang melancarkan protes. Namun di sisi lain, ke depannya Indonesia bakal memperoleh opsi internet broadband dengan kualitas yang lebih baik. Hal ini karena Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) ternyata ingin mengadopsi teknologi Fiber Google.

google fiber

Dikutip dari Indotelko, Menkominfo Rudiantara mengatakan kalau pihaknya telah mempelajari teknologi Fiber Google. Bahkan secara gamblang, Rudiantara pun mengatakan kalau pihaknya ingin mengadopsi teknologi tersebut untuk ke tanah air. Dengan adanya Fiber Google, dia berharap agar bisa meningkatkan kualitas akses internet yang merata di seluruh wilayah tanah air.

Fiber Google sendiri merupakan sebuah layanan baru dari Google yang diluncurkan pada tahun 2010. Di Amerika Serikat, jumlah pelanggan Fiber Google sudah mencapai angka 27 ribu pelanggan. Terdapat tiga layanan internet yang ditawarkan oleh Fiber Google, yakni Gigabit + TV, Gigabit Internet serta Basic Internet.

Menariknya, untuk para pengguna Basic Internet, hanya dikenakan biaya konstruksi sebesar 300 USD. Setelah membayar biaya konstruksi, maka pengguna layanan Basic Internet pun tidak perlu membayar biaya bulanan seperti yang para pelanggan layanan internet di Indonesia, Indihome misalnya. Dan para pelanggan Basic Internet Fiber Google memperoleh internet dengan kecepatan download mencapai 5Mbps.

Apabila Google Fiber benar-benar masuk Indonesia dan tersedia tanpa harga bulanan, tentu layanan Internet dari IndiHome bisa berkurang drastis jumlah pelanggannya terlebih kebijakan penghilangan full unlimited baru-baru ini menjadi kuota yang bisa Anda baca di artikel berikut:

Tak Lagi Full Unlimited, IndiHome Telkom kini Terapkan Kebijakan Kuota

Anda juga perlu mengerti bahwa ada kebijakan terkait pemberhentian langganan Indihome berikut ini:

Stop Langganan Indihome, Nomor Telpon Rumah Otomatis Hangus

(BHK)

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply