Wah, dahsyat begitu pasti melihat nilai yang ditawarkan oleh Foxconn pada Sharp, sang perusahaan elektronika ternama dari Jepang yang sudah lama berdiri yang cukup berhasil dalam bersaing dengan Sony pada eranya.

Memang saat ini, kabarnya Sharp sedang dalam kondisi keuangan yang sulit sehingga telah ada tawaran juga sebelumnya dari Innovation Network Corp. of Japan atau disingkat INCJ yang berasal dari Jepang dengan nilai 2.6 miliar USD atau sekitar 36 triliun rupiah.

logo sharp

Namun tawaran terbaru yang berasal dari Foxconn, perusahaan elektronika dari Taiwan yang memiliki peran utama dalam perakitan dan produksi iPhone kabarnya menawar untuk membeli Sharp dengan nilai dua kali lipat lebih besar dari INCJ, yaitu sebesar 73 triliun rupiah.

Saat ini Sharp sendiri sebenarnya saat ini berperan penting di Jepang dalam memproduksi layar untuk ponsel , tablet dan televisi yang membuatnya diminati oleh Foxconn, selain kompetitornya Japan Display Inc. (JDI). Memang sebelumnya pada tahun 2012, Foxconn dikabarkan pernah juga menawar Sharp, tapi pembicaraan itu gagal.

Penawaran dari Foxconn kali ini akan menunggu respon dari Sharp sampai akhir bulan ini, dan rencana pembelian ini tentunya membuat pemerintah Jepang berharap cemas karena Sharp adalah salah satu produsen elektronika utama di sana yang memiliki banyak paten dan inovasi yang sunggu berharga sebenarnya dan sangat disayangkan apabila sampai jatuh ke tangan perusahaan asing di luar Jepang.

Memang kali ini Sharp harus segera mengambil keputusan cepat karena mereka sedang terbelit hutang yang besar yang membuat mereka mau tidak mau perlu merespon rencana pembelian dari pihak luar untuk terbebas dari hutang tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here