Meskipun Intel baru saja resmi merilis prosesor Intel Core U Series generasi ke 8, namun kehadiran penerus prosesor Intel Core generasi ke 7 aka Intel Coffee Lake tampaknya hanya masalah waktu saja mengingat baru-baru ini telah muncul secara online sosok tampilan kemasan box yang memperlihatkan keberadaan prosesor tersebut.

Seperti apa yang dilansir oleh banyak pihak termasuk diantaranya Tech Report, yang kabarnya mengklaim telah melihat gambar paket kemasan box prosesor desktop Intel (Coffee Lake) Core i7 dan i5 generasi ke 8 yang terpampang melalui situs web resmi Intel. Sejatinya gambar tersebut memang sempat terpampang sebelum pada akhirnya diganti dengan gambar lain yang justru lebih merepresentasikan keberadaan prosesor Intel Core U Series generasi ke 8 yang saat itu memang sedang pada tahap rilis, menurut konfirmasi dari pihak Intel sendiri.

Selain menampilkan skema warna baru, kemasan box pada gambar tampak menegaskan rumor peningkatan jumlah core prosesor desktop Intel Core generasi ke 8 tersebut. Berbeda dengan prosesor generasi ke 7 yang biasanya hanya dijejali 4 core, jumlah core prosesor desktop Intel Core i5 dan Core i7 generasi ke 8 (yang terdapat pada kemasan box) konon telah ditingkatkan menjadi 6. Jadi untuk model prosesor 8th gen Intel Core i5 bakal dibekali dengan 6 core dan 6 thread, sedangkan untuk model prosesor 8th gen Intel Core i7 bakal hadir dengan dukungan 6 core dan 12 thread.

Perihal prosesor grafis terintegrasi dalam chip baru tersebut kabarnya juga akan diganti namanya menjadi “Intel UHD Graphics”. Meski namanya menyiratkan output display beresolusi tinggi, perubahan pada grafis terintegrasi tersebut diperkirakan kemungkinannnya sangat kecil, sehingga performa grafis yang diusungnyapun tampaknya tetap sama dengan model yang ada. Chip baru ini konon masih mendukung dua saluran memori DDR4, manajemen kecepatan clock Turbo Boost 2.0, dan dukungan memori Intel Smart Cache dan Optane.

Tak hanya itu, sosok kemasan box tersebut juga tampak memastikan satu hal yang mungkin akan membuat para pengguna prosesor Intel Core generasi sebelumnya siap-siap untuk kecewa karena harus melembirukan motherboard yang digunakannya saat ini. Pasalnya demi menjalankan prosesor desktop Intel Coffee Lake tersebut, motherboard yang digunakanpun haruslah motherboard berchipset 300 yang notabene belum diumumkan sejauh ini sehingga tidak bisa menggunakan motherboard berchipset 200 yang sebelumnya diperuntukan untuk Skylake dan Kaby Lake.

Lalu terlepas dari itu semua, bagaimanakah kiprah Intel Coffe Lake selanjutnya terhadap peta persaingan pasaran prosesor di masa yang akan datang? apakah kehadirannnya justru akan mendongkrak nama besar Intel ataukah akan jalan ditempat atau bahkan mundur? Nah semua itu tentunya berpulang pada kualitas yang diusung oleh penerus prosesor Intel Core generasi ke 8 tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here