Tahun 2016 nampaknya akan menjadi tahun bangkitnya produsen ponsel yang dulu sempat merajai pasar ponsel dunia. Ya, perusahaan asal Finlandia, Nokia dikabarkan akan kembali ke dunia smartphone pada tahun 2016 setelah divisi perangkat mobile-nya dijalankan oleh Microsoft. Perjanjian tidak menggunakan label Nokia dengan Microsoft pun sudah berakhir sejak 31 Desember 2015 lalu.

Nokia Metal 1

Ya, Nokia dapat dipastikan akan meluncurkan beberapa smartphone tahun 2016 ini. Namun kapan dan seberapa banyak smartphone yang akan diluncurkan tahun ini bergantung pada partner bisnis baru. Nokia diketahui sedang mencari partner bisnis untuk menarik kembali manufaktur dan distribusi, serta kampanye pemasaran untuk smartphone Nokia.

Nokia Metal 2

Nokia direncanakan setidaknya bakal meluncurkan dua smartphone Android pada tahun ini, setidaknya hingga akhir tahun. Perangkat terbaru sepenuhnya akan didesain oleh para insinyur Nokia. Smartphone Nokia C1 sendiri dikabarkan akan menjadi perangkat pertama yang meluncur tahun ini, diperkirakan beberapa bulan mendatang.

Nokia Metal 3

Smartphone Nokia C1 sendiri kabarnya akan menjadi smartphone Android kelas mid-low dan bocoran mengenai desain smartphone ini telah beredar beberapa bulan yang lalu. Desain smartphone tersebut tidak asing karena hampir menyerupai beberapa perangkat yang telah ada saat ini.

Nokia Metal 4

Selain Nokia C1, baru-baru ini juga beredar foto smartphone lain dari Nokia yang tampaknya lebih kecil dari Nokia C1. Berdasarkan foto yang beredar di internet, smartphone kedua ini akan mengusung bahan metal dengan dua corak garis di atas dan bawah sisi belakang smartphone yang merupakan antena dari smartphone itu sendiri. Desainnya hampir menyerupai iPhone dan beberapa smartphone HTC, namun ketebalan smartphone tersebut di atas rata-rata smartphone Android saat ini.

Nokia Metal 5
Nokia Metal 5

Kedua perangkat yang nampak di bocoran foto tersebut tak memabawa sensor fingerprint, yang mengindikasikan kedua smartphone ini memang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah. Selain itu, tidak ada bocoran mengenai spesifikasi dari smartphone metal terbaru dari Nokia ini. Diharapkan beberapa bulan mendatang kedua smartphone tersebut resmi diumumkan oleh Nokia.

Nokia Vision

Di sisi lain, Nokia baru-baru ini juga telah menggunggah sebuah video promosi berdurasi 1:39 menit di situs YouTube yang menunjukkan teknologi, visi, dan prestasi perusahaan. Pada video tersebut sempat terlihat perangkat tablet yang diduga bermaterial metal, serta sebuah smartphone yang digunakan untuk berfoto. Namun belum dapat dipastikan, apakah kedua perangkat tersebut merupakan perangkat milik Nokia atau tidak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here