Kendaraan umum yang ada saat ini memang umumnya menggunakan tenaga bahan bakar fosil, entah itu BBM ataupun solar. Namun beberapa bulan kemarin, pemerintah Inggris mengembangkan sebuah bus yang memakai tenaga berupa kotoran makhluk hidup, baik itu manusia ataupun binatang.

bus hound

Nah, kini sebuah bus yang disebut dengan nama Bus Hound adalah salah satu kendaraan yang hadir dengan tenaga kotoran binatang. Bus ini pun mencatatkan rekor tersendiri, dengan mencapai kecepatan mencapai 77 mil per jam atau setara 123 kilometer per jam. Cukup cepat, meski tentunya tidak secepat bus yang menggunakan bahan bakar solar.

Meskipun cukup cepat, bus ini tidak mampu memecahkan rekor dunia Guinness untuk kategori kendaraan yang menggunakan tenaga gas metana. Rekor dunia untuk kategori tersebut tercatat memiliki kecepatan sebesar 150 mil per jam atau setara 241 kilometer per jam. Terpaut hampir dua kali lipat.

Bus Hound ini sendiri dikembangkan sebagai sarana untuk membangun kendaraan yang ramah lingkungan. Tenaga bus ini diperoleh dari gas biometana yang didapatkan dari proses anaerobik kotoran sapi. Bagaimana, apakah tertarik untuk naik bus bertenaga kotoran sapi ini?

via Engadget

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here