You are currently viewing Pencipta iPhone Ternyata bukan Apple, Melainkan Pria Asal Florida. Percaya Nggak?
Gambar paten iPhone milik Thomas Ross 'Florida Man'

Seorang pria asal Florida, Amerika Serikat mengaku sebagai pencipta iPhone yang saat ini menjadi produk andalan Apple. Pria bernama Thomas Ross itupun jadi sosok yang terkenal di dunia maya dengan sebutan Florida Man dan muncul dalam beberapa meme kreasi netizen.

iphone-passcode

Klaim yang diungkapkan oleh Ross itupun bukan tanpa bukti. Bahkan diapun sudah melakukan langkah konkret dengan mengajukan tuntutan hukum kepada Apple. Dalam tuntutan hukumnya itu, Ross meminta ganti rugi sebesar 10 miliar USD atau setara 131 triliun rupiah. Bakal jadi milyuner baru kalau permintaan Ross ini dikabulkan oleh pengadilan.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, Ross mengatakan kalau dia mendesain iPhone pada tahun 1992, jauh sebelum peluncuran iPhone oleh Apple di tahun 2007. Desain iPhone milik Ross itu menggunakan layar yang berukuran cukup besar untuk ponsel di era tahun 1990an.

Gambar paten iPhone milik Thomas Ross 'Florida Man'
Gambar paten iPhone milik Thomas Ross ‘Florida Man’

Dalam paten yang diperlihatkan Ross, handphone ini tak hanya punya ukuran layar yang cukup besar, tapi juga dilengkapi dengan keberadaan keyboard fisik. Sementara untuk sistem operasinya, iPhone buatan Ross ini memakai MS-DOS. Handphone ini juga disebutkan memiliki baterai sel surya dan sarana penyimpanan berupa disket drive 3.5 inci.

Belum ada pernyataan dari Apple terkait klaim Florida Man ini. Namun menengok gambar paten milik Ross, nampak kalau ponsel ini bentuknya cukup jauh berbeda jika dibandingkan dengan iPhone. Terlebih iPhone merupakan ponsel layar sentuh yang tak dilengkapi dengan keyboard fisik.

Siapa Penemu HP Pertama di Dunia

penemu hpMembahas smartphone iPhone mengingatkan kami kepada sejarah tentang awal mula kemunculan telepon genggam yang kerap disebut Handphone / HP.

Terciptanya alat komunikasi ini membuat sedunia hidup jauh lebih mudah dalam menyampaikan pesan hingga sekarang HP telah memiliki fungsi lebih dari itu. Evolusi yang mengagumkan dari sebuah perangkat ini akan kami bahas.

Mari berterima kasih kepada Martin Marty Cooper, seorang veteran dari negeri Uncle Sam Amerika Serikat. Lahir ke dunia pada tanggal 26 Desember 1928, tumbuh besar menempuh pendidikan di bidang Electrical Engineering dan mendapatkan Title sarjana di tahun 1950.

Awal mula karirnya di perusahaan yang kita kenal hingga saat ini yaitu Motorola, bekerja sebagai pemimpin di Engineering Team yang mengerjakan tentang penelitian dan pengembangan.

Cooper melakukan pekerjaannya sembari menyelesaikan pendidikan magister di tahun 1957. Seiring berjalannya waktu hingga akhirnya Martin Cooper mendapatkan ide untuk membuat alat komunikasi yang lebih kecil, yang lebih cukup ringan ketika digunakan.

Ide penemuan hp atau ponsel ini muncul ketika Cooper menonton sebuah acara serial televisi yang berjuduk Star Trek. Di sebuah adegan terdapat seorang kapten bernama Kirk yang sedang berkomunikasi melalui sebuah alat. Dari situ lah ide itu dikembangkan menjadi telepon genggam pertama di tahun 1973.

Mulai sejak saat itu evolusi telepon genggam yang kita sebut sebagai Handphone / HP semakin berkembang, hingga sekarang disebut sebagai Smartphone / Ponsel Pintar karena kemampuannya yang bukan sekedar mesin komunikasi lagi.

Imam Baihaki

Penulis lepas di BTekno sekaligus pemilik dua handphone Nokia yang suka jalan-jalan.

Leave a Reply