Windows Phone memang bukan menjadi platform mobile yang populer. Popularitas sistem operasi tersebut pun sangat jauh jika dibandingkan dengan iOS ataupun Android. Terlebih kalau membandingkan jumlah aplikasi iOS dan Android dengan aplikasi Windows Phone.

windows phone store

Meskipun begitu, terdapat sebuah fakta yang cukup menarik dimiliki oleh Windows Phone. Menurut data yang dimiliki oleh Statistic Brain, pendapatan yang dimiliki oleh Windows Phone tak terlalu berbanding jauh jika dibandingkan dengan Google Play.

Mereka mencatat bahwa Android menjadi platform mobile dengan tingkat download tertinggi. Selain itu, Google Play telah mencatatkan jumlah pemasukan sebanyak 1,2 miliar USD. Dan ternyata, jumlah tersebut tak jauh berbeda dengan Windows Phone store yang mencatat pendapatan sebesar 950 juta USD. Di sisi lain, App Store jauh meninggalkan dua toko aplikasi tersebut dengan pendapatan 6,4 miliar USD.

Menurut data mereka, para developer Windows Phone rata-rata mendapatkan uang sebesar 0,23 USD per download. Sementara developer Android hanya memperoleh pemasukan rata-rata per download sebanyak 0,04 USD. Dan yang paling tinggi adalah developer iOS dengan pendapatan rata-rata 0,24 USD.

via Ubergizmo