Para pemilik iPad kini harus berhati-hati, salah-salah kode PIN di perangkat tersebut bisa diketahui oleh orang lain. Terlebih baru-baru ini para peneliti dari Universitas of Masschussetts Lowell memiliki cara yang canggih dalam mencuri kode PIN sebuah iPad. Mereka hanya membutuhkan sebuah Google Glass ataupun sebuah smartwatch Galaxy Gear.

Caranya, mereka memanfaatkan kamera yang ada pada Google Glass dan smartwatch untuk mengambil gambar. Selanjutnya, terdapat sebuah software dengan algoritma video recognition yang bisa memperkirakan kode PIN yang dimasukkan dalam sebuah perangkat. Perkiraan tersebut pun bisa dilakukan meski layar sentuhnya sama sekali tidak terlihat.

pencurian pin ipad

Software pengenalan video tersebut dikembangkan oleh Profesor Xinwen Fu bersama para muridnya. Dia memanfaatkan gerakan dari bayangan jari pada saat menyentuh layar. Dengan metode ini, permasalahan sudut pandang yang jelek bukan menjadi masalah utama.

Penggunaan Google Glass dan Galaxy Gear sendiri dilakukan karena alat ini dianggap sangat efektif untuk mempraktekkan pencurian kode PIN itu. Hasilnya pun sungguh mencengangkan. Google Glass dengan pemakaian berjarak kurang lebih tiga meter mempunyai tingkat akurasi sebesar 83 persen. Dan Galaxy Gear pun mempunyai tingkat akurasi yang tak jauh dari angkat tersebut.

Tentu saja metode pencurian kode PIN iPad ini bisa dilakukan tak hanya dengan perangkat wearable. Metode ini juga dapat dilakukan dengan memakai iPhone ataupun smartphone Android, asalkan diproses dengan algoritma pengenalan video UMASS yang dikembangkan oleh Profesor Xinwen Fu ini.

via Geek

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here