Robot yang bisa berjalan di atas permukaan air bukanlah sebuah angan-angan belaka. Para peneliti pun kini telah berhasil menciptakan robot yang dibangun dengan berbasiskan pada serangga anggang-anggang yang mempunyai kemampuan berjalan di atas air.
robot serangga air meloncat
Robot tersebut merupakan hasil kolaborasi antara para peneliti dari Seoul National University (SNU) serta Harvard University. Robot ini pun tak hanya punya kemampuan untuk berjalan di atas permukaan air. Meloncat pun mereka sanggup.

Profesor dari SNU Kyu Jin Cho mengatakan bahwa fenomena robot yang berjalan di atas air bukanlah hal yang tidak mungkin. Dia menjelaskan untuk dapat melakukan hal tersebut, permukaan air harus ditekan pada kecepatan serta waktu tepat hingga mencapai kedalaman tertentu. Dengan mengaplikasikan hal tersebut, robot serangga ini pun dapat meloncat di atas permukaan air.

Untuk melakukan hal tersebut, para peneliti menggunakan mekanisme ketapel. Robot ini pun dapat meloncat berkat pemakaian kombinasi momentum serta dorongan tertentu. Menariknya, robot ini mampu mencapai ketinggian yang sama baik pada saat meloncat di atas permukaan air ataupun tanah.

via Gizmag

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here