Menaiki tangga bisa menjadi aktivitas yang menyulitkan untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut atau memiliki permasalahan pada kakinya. Para peneliti dari Georgia Tech dan Universitas Emory pun berinisiatif untuk membangun smart stair yang menggunakan sistem mekanik untuk membantu para penggunanya.

Kreasi tangga pintar ini bermula dari niatan untuk membuat sepatu prostetik yang membantu meringankan penggunanya saat mengangkat kaki. Namun, pada akhirnya penelitian tersebut berujung pada keberadaan tangga pintar ini. Tangga ini dilengkapi dengan sensor tekanan yang selanjutnya membuat tangga bisa naik atau turun.

[embedyt] https://www.youtube.com/watch?v=hgwKoo9J410[/embedyt]

Yun Seong Song, peneliti yang turut serta dalam pembuatan alat ini mengungkapkan kalau pegas dalam tangga ini akan menyangga beban tubuh dan memperlambat gerakan menuruni tangga. Di waktu yang sama, tangga ini akan menyimpan energi tersebut dan menggunakannya saat ada orang menaiki tangga tersebut.

Dari hasil analisis, diperlihatkan kalau tangga ini mengurangi beban kerja pada bagian lutut hingga 37 persen saat naik. Sementara itu, dalam kondisi turun, tangga ini mampu mengurangi kinerja angkel hingga 26 persen.

(BHK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here