Sistem operasi Windows yang telah diluncurkan beberapa generasi oleh Microsoft ternyata mempunyai sebuah bug yang usianya sudah tua. Bug itu ditemukan oleh IBM pada bulan Mei lalu namun baru kali ini diungkapkan kepada publik. Pengumuman ini dilakukan oleh IBM setelah Microsoft memiliki update untuk memperbaiki bug tersebut.

Peneliti IBM, Robert Freeman menyebut kalau bug itu langka dan disebutkan sebagai ‘unicorn-like’. Bug ini bahkan pertama kali dijumpai pada Windows 95 dan telah ada di sistem operasi Windows selama 19 tahun. Bug ini mengandalkan celah keamanan pada VBScript yang pertama kali digunakan Microsoft pada IE 3.0.

windows 95

Bug ini pun memungkinkan seorang hacker untuk bisa menjalankan kode secara remote pada saat pengguna Windows mengunjungi sebuah situs berbahaya. Untungnya, hingga kini belum ada bukti yang menunjukkan adanya korban yang tereksploitasi oleh keberadaan bug tersebut.

Pihak Microsoft dengan bantuan IBM pun telah meluncurkan update untuk memperbaiki bug tersebut. Namun update tersebut hanya berlaku untuk Windows Vista atau versi OS yang lebih tinggi. Dan sayangnya, para pengguna Windows XP masih harus terekspos oleh bug tersebut.

via PCWorld

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here