Virtual Reality atau yang dikenal dengan sebutan VR memiliki sejumlah besar potensi, dan dapat memberikan kesenangan yang sama besarnya. Terkadang, meski diambil sepenuhnya dari kenyataan tidaklah ideal. Sedangkan untuk beberapa game, hanya menggunakan kontroler nirkabel yang dibutuhkan, tidak semua game VR perlu dimainkan sambil berdiri. Dan mengacu pada permasalahan yang ada, di mana keyboard dan mouse masih tetap dapat digunakan untuk kontrol, namun VR tampak membuatnya menjadi rumit, sehingga Anda tidak dibiarkan sedikitpun melihat sosok periperal tersebut.

Ya itu dulu, namun sekarang Logitech tampaknya telah datang untuk menyelamatkan permasalah itu melalui solusi jitunya yang disebutnya sebagai Logitech Bridge. Bukan keyboard baru yang dibuat khusus untuk VR, melainkan ini adalah semacam aksesori yang sesuai dengan keyboard Logitech G lainnya, yang membuat semuanya lebih mudah bagi mereka yang kebetulan sudah memilikinya (namun juga disayangkan bagi mereka yang mungkin perlu membeli keyboard jenis tersebut).

Bridge adalah aksesori yang menempel pada keyboard Anda, dan mungkinkan Anda untuk memilih keyboard mana melalui dukungan perangkat lunak yang ada. Begitu kedua hal tersebut ditetapkan, Anda langsung bisa melihat keyboard (KB) Anda di dalam lingkungan VR Anda. Karena pelacak klip ke KB itu sendiri, Anda tidak perlu khawatir kalau tampilan keyboard VR yang ada tidak akan sinkron dengan tindakan yang sebenarnya, mengingat semuanya akan bereaksi secara alami.

Teknologi ini tampaknya melampaui harapan banyak kalangan yaitu hanya sekedar membiarkan seseorang melihat KB mereka di VR. Lebih jauh lagi, Logitech kabarnya juga telah berbicara tentang kemungkinan bakal menerapkan skin yang berbeda ke periperal virtualnya tersebut, yang bisa memiliki keuntungan yang jelas dalam berbagai game, terutama dengan skema keybind yang lebih kompleks. Atau, itu bisa berguna untuk membiarkan seseorang mengubah estetika, yang lebih cenderung hanya untuk bersenang-senang saja.

Menyadari hal itu, Logitech tampaknya juga berencana untuk memboyong prototip perangkat Bridge (termasuk keyboard G) tersebut kepada para pengembang VR, jadi mudah-mudahan teknologi ini tidak akan terlalu lama untuk masuk pasar. Selain HTC Vive, Logitech Bridge juga terkoneksi secara apik bersama SteamVR, sehingga setiap pengembang SteamVR saat ini sudah bisa mendapatkan Logitech BRIDGE SDK tanpa harus bersusah payah lagi memberdayakannya.

Sambil menunggu perkembangan teknologi tersebut lebih lanjut, ke depannya diharapkan akan ada perusahaan lain yang mau turut mengembangan teknologi serupa, karena akan sangat disayangkan jika teknologi ini dikuasai dan didominasi oleh satu vendor tertentu saja, bukan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here