Saat ini berbagai negara maju dunia telah mengembangkan jaringan telekomunikasi dengan kecepatan data tinggi 5G. Sayangnya, meski pengembangan jaringan 5G telah dilakukan, tingkat pemakaian teknologi 4G LTE yang notabene punya kecepatan lebih rendah dibandingkan 5G ternyata masih sangat sedikit.

Sebagai contoh adalah negara Cina yang dikenal sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Di negara tirai bambu tersebut, mayoritas penduduknya menggunakan jaringan 3G. Bahkan angka pengguna 3G mencapai 486,5 juta pelanggan. Angka ini sangat kontras jika dibandingkan dengan pengguna jaringan 4G LTE.

3g cina

Menurut laporan dari TechinAsia, saat ini terdapat pengguna jaringan 4G LTE sebanyak 13,97 juta pelanggan. Angka penggunaan jaringan 3G dan 4G LTE itu pun sangat timpang. Terlebih persaingan para penyedia jasa telepon Cina juga sangat jauh.

Saat ini, China Mobile mempunyai dominasi tinggi. Bahkan pada bulan Juni ini, mereka memiliki pelanggan jaringan 4G sebanyak 13,93 juta konsumen. Sementara sisa pengguna lainnya yang sangat minim menjadi konsumen provider lain seperti China Unicom serta China Telecom.

via TechinAsia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here