Perusahaan asal Jepang, Sony memang terkenal dengan modul sensor kamera buatannya yang memiliki kualitas tinggi, bahkan bisnis sensor kamera Sony beberapa kali mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Namun ketika perusahaan mengumumkan pendapatan di kuartal lalu, terdapat penurunan pendapatan yang cukup dalam.

sony sensor business

Seperti yang dilaporkan Peta Pixel akhir Januari lalu, dalam laporan keuangan Sony untuk kuartal empat 2015, Sony menyebut adanya penurunan penjualan sensor kamera yang cukup signifikan. Tentu saja, kabar sangat mengejutkan karena beberapa bulan terakhir, bisnis pada bidang ini terlihat sangat menjanjikan.

Hal itu terlihat pada tahun 2014 lalu, di mana 40% sensor kamera yang beredar di pasaran merupakan buatan Sony. Pada tahun berikutnya, Sony telah menambah modal sebesar USD 4 miliar untuk meningkatkan produksi sensornya serta dapat menjaga permintaan pasar agar semua kebutuhan manufaktur terpenuhi.

“Penurunan ini penyebab utamanya adalah penjualan sensor kamera yang menurun secara signifikan, yang merefleksikan adanya penurunan permintaan di produk mobile,” tulis Sony dalam pernyataannya. Dengan kata lain, bisnis penjualan sensor kamera smartphone merupakan penyumbang besar jatuhnya pendapatan Sony kuartal lalu.

Menurut Sony, perusahaan mengalami kerugian operasional sebesar USD 97 juta pada kuartal keempat tahun 2015, sangat jauh berbeda dibanding kuartal yang sama di tahun 2014, di mana mereka mendapat keuntungan sebesar USD 400 juta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here