Pertikaian hak paten antara Samsung dengan Apple sudah berlangsung lama, terhitung sejak tahun 2011. Pengadilan Amerika pun sebelumnya telah memenangkan Apple dalam sebuah persidangan, namun hal ini bukan berarti pertikaian hak paten antara kedua perusahaan ini sudah selesai.
samsung apple
Bahkan kini pertikaian hak paten antara kedua perusahaan raksasa itu merembet ke arah yang lebih luas. Samsung, menurut laporan dari Inside Sources, memperoleh dukungan dari perusahaan teknologi yang berbasis di Silicon Valley. Tak tanggung-tanggung, nama besar seperti Google, Facebook, HP, Dell dan lain-lain adalah para pendukung Samsung.

Mereka pun meminta kepada pihak pengadilan untuk meninjau kembali keputusan yang mengharuskan Samsung untuk membayar ganti rugi kepada Apple. Dukungan tersebut diberikan karena perusahaan-perusahaan tersebut khawatir kalau kemenangan pertikaian hak paten Apple terhadap Samsung ini bakal berdampak meluas. Terlebih bagi perusahaan yang telah menghabiskan dana miliaran rupiah dalam pengembangan teknologinya.

Dalam petisi yang mereka ajukan, teknologi disebutkan sebagai sebuah hal yang sangat kompleks. Sebuah perangkat pun dibangun dari berbagai komponen yang bisa dijumpai pada berbagai tipe produk lain. Jadi, kalau salah satu komponen pada perangkat tersebut dianggap melanggar hak paten, maka tak menutup kemungkinan kejadian serupa bakal menimpa produk perusahaan lain.

Samsung sendiri memperoleh tuntutan dari Apple karena dianggap melakukan beberapa pelanggaran hak paten. Fitur-fitur yang dijiplak oleh Samsung tersebut antara lain adalah ujung melingkar, gesture multi touch serta fungsi top-to-zoom.

via Inside Sources

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here