Sebelum adanya teknologi modern seperti saat ini, ada beberapa cara yang sudah ditemukan untuk membatu orang tunanetra dalam “melihat”. Tentu ini bukan cara melihat secara visual, namun dengan menggunakan indera lain seperti menggunakan hufuf braille atau isyarat suara yang ditujukan agar mereka dapat memahami dunia.

Namun perkembangan teknologi yang semakin maju membuat beberapa penemuan bisa membantu penyandang tunanetra dapat “melihat” dunia sekitar mereka dengan cara yang lebih praktis. Salah satu perangkat yang dapat membantu tunanetra dalam mengenali dunia sekitar adalah OrCam MyEye 2.0 yang baru-baru ini telah dipamerkan di CES 2018.

Seperti yang bisa Anda lihat pada video di atas, dimana gadget ini berbentuk persegi panjang yang terhubung ke kacamata, dimana perangkat itu akan memberitahu pengguna apa yang sedang terjadi di sekitarnya. Menariknya, perangkat ini akan terasa cocok untuk semua pengguna bahkan untuk pengguna kacamata sekali pun, karena perangkat ini memiliki magnet yang dapat menghubungkan perangkat dengan kacamata pengguna.

Setelah memakainya, MyEye 2.0 akan dapat memindai permukaan apapun, seperti buku, menu restoran, papan, layar ponsel, monitor komputer, dan akan menyampaikan informasi yang kembali ke pemakainya. Hal yang perlu dilakukan pengguna hanyalah memusatkan titik objek agar perangkat ini dapat bekerja. Selain itu, ada juga fitur pengenalan wajah yang akan mengingatkan pengguna siapa yang ada di depan mereka, serta dapat mempelajari nama dan mengulanginya kembali ke pemakainya.

Menurut pendiri dan CEO OrCam, Ziv Aviram, misi mereka dalam meluncurkan perangkat ini adalah untuk memberdayakan orang-orang yang menyandang tunanetra, memiliki kesulitan dalam membaca, termasuk disleksia atau orang-orang yang mengalami kelelahan membaca, untuk digunakan dalam beberapa hal seperti belajar, bekerja, dan yang paling utama adalah untuk menjalani hidup mereka dengan tingkat kemandirian yang lebih tinggi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here