Pesatnya perkembangan game pada perangkat mobile, membuat orang sekarang menyukai bermain game pada perangkat smartphone dan tablet. Namun kita tahu bahwa bermain game pada perangkat smartphone atau tablet terasa kurang maksimal karena penggunaan layar sentuh. Sudah ada beberapa perusahaan smartphone yang menawarkan perangkat mobile untuk bermain game, yang bentuknya menyerupai perangkat konsol dari Sony, PlayStation Portable.

Untuk menjawab kebutuhan gamer, salah satu perusahaan bernama PGSLab yang berusaha mewujudkan imipan para gamer, untuk dapat menikmati game secara mobile dengan pengalaman yang menjanjikan. Perangkat ini diberi nama PGS yang merupakan kependekan dari Portable Gaming System. Bentuknya sendiri bisa dikatakan mirip dengan perangkat Nintendo DS, lengkap dengan dua layar yang ada di atas dan di bawah.

pgs-2

Pada perangkat PGS ini, disebutkan bahwa tidak hanya game mobile saja yang dapat dinikmati, namun perangkat ini juga dapat memainkan game yang ada pada perangkat PC. Untuk menunjang hal tersebut, perangkat portable ini dibekali dengan dua sistem operasi, yakni Microsoft Windows 10 dan Android 6 Marshmallow.

Bicara soal spesifikasinya, perangkat PGS ini dibekali oleh prosesor dari Intel Atom x7-Z8750 quad core dengan kecepatan 2.56GHz. Lalu ada pengolah grafis dari Intel HD yang memiliki clock sebesar 600MHz. Serta chipset yang digunakan pada PGS ini adalah Intel Cherry Trail.

pgs-0

Ada dua varian pada perangkat PGS ini, yakni PGS Lite dan PGS Hardcore, yang mana keduanya berbeda dari sisi komponennya. Pada perangkat PGS Lite, menggunakan layar seluas 5,5 inci dengan resolusi HD. Kemudian RAM yang digunakan sebesar 4GB LPDDR3, serta menggunakan memori internal dengan jenis eMMC sebesar 64GB. Lalu ada kamera belakang 5 megapiksel dan kamera depan 1,3 megapiksel, serta baterai berkapasitas 4080mAh.

Sedangkan untuk varian PGS Hardcore, menggunakan layar seluas 5,7 inci dengan resolusi Quad HD dan RAM sebesar 8GB LPDDR3. Selain itu, jenis penyimpanan yang digunakan berupa SSD dengan kapasitas 128GB. Lalu kamera belakangnya juga sebesar 8 megapiksel dan kamera depannya sebesar 5 megapiksel. Tidak ketinggalan ada baterai berkapasitas 6800mAh, juga telah mendukung jaringan 4G LTE.

pgs-1

Meski masih dalam tahap pengembangan, perangkat PGS ini sudah masuk dalam daftar Kickstarter dan siap diproduksi masal dalam waktu dekat. Saat pengujian, perangkat ini mampu memainkan game-game PC dengan pengaturan grafis yang cukup lumayan dengan lancar.

Perangkat PGS akan tersedia pada tahun 2017 mendatang, dengan harga yang dipatok mulai dari 230 USD atau berkisar 3,2 juta Rupiah untuk versi PGS Lite. Sedangkan untuk PGS Hardcore sendiri dibanderol mulai dari harga 260 USD atau setara dengan 3,5 juta Rupiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here