Era virtual reality (VR) sudah dimulai, persaingan berbagai vendor dalam merilis perangkat VR pun juga semakin sengit. Pada minggu lalu, salah satu perangkat VR ternama, Oculus Rift, sudah bisa dipesan pada situs resmi mereka. Tidak tanggung-tanggung, harga yang dipatok untuk dapat membawa Oculus Rift sebesar 599 USD atau sekitar 8 juta Rupiah. Itu pun masing-masing daerah tidak sama harganya, seperti di daratan Eropa yang mematok harga sebanyak 499 Poundsterling atau sekitar 10 juta Rupiah.

htc-vive-0

Bagi sebagian orang harga tersebut lumayan mahal untuk dapat membawa pulang sebuah perangkat VR, belum lagi spesifikasi perangkat komputer yang dibutuhkan juga harus memadahi. Dalam menjawab tantangan tersebut, HTC yang bekerja sama dengan Valve, telah mengembangkan perangkat VR serupa dengan nama Vive, yang mana kita tahu, akhir-akhir ini sedang dibicarakan karena kabarnya perangkat VR HTC Vive akan hadir pada Maret 2016 nanti.

Namun ternyata, pihak HTC tidak ingin membuat para calon penggunanya menunggu terlalu lama, karena HTC akan membuat sistem pre order pada perangkat Vive ini pada bulan Februari 2016 mendatang. Hal ini sesuai dengan yang diinformasikan oleh Telegraph UK, Rabu (13/1/2016), yang mana dikatakan oleh CEO HTC sendiri, Cher Wang, pada sesi wawancara.

Perangkat VR HTC Vive versi pertama
Perangkat VR HTC Vive versi pertama

Wang sendiri mengatakan pada tahun ini, HTC akan befokus pada pengembangan perangkat VR Vive. Lalu bagaimana pengembangan smartphone dari HTC? Wang menambahkan pengembangan smartphone memang penting, namun untuk mempertahankan eksistensinya, perlu sebuah perangkat yang saling terhubung, seperti perangkat wearable dan perangkat VR.

Kepala divisi VR dari HTC, JB McRee juga mengatakan bahwa teknologi memiliki kapasitas untuk menjadikan manusia lebih ramah, lebih berempati, dan juga menghubungkan fungsi-fungsi otak dalam hal edukasi.

Dengan akan dibukanya sistem pre order perangkat VR HTC Vive pada akhir bulan ini, maka persaingan antar vendor akan semakin sengit. Apalagi rumornya ada perangkat VR dari Sony, PlayStation VR, pasti akan lebih sengit. Oh ya soal harga, HTC saat ini masih merahasiakan hal tersebut, namun banyak yang berharap tidak semahal perangkat VR dari Oculus Rift.

(ND/Telegraph UK)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here