Perangkat virtual reality (VR) semakin banyak, membuat banyak perusahaan besar yang ikut andil dalam kesuksesan perangkat ini. Seperti Oculus Rift yang belum lama ini sudah dapat dipesan dengan harga 8 jutaan, atau perangkat VR dari HTC Vive yang akan hadir pada bulan Maret. Nah salah satu perusahaan ternama juga tidak ingin tinggal diam begitu saja, karena perusahaan ini juga kabarnya telah mempersiapkan perangkat VR-nya.

Adalah Microsoft yang disebut-sebut akan merilis perangkat VR milik mereka sendiri, dengan nama HoloLens. Memang belum banyak informasi yang beredar mengenai perangkat buatan perusahaan asal Redmond, Washington, Amerika Serikat ini. Namun kini baru saja beredar sebuah informasi terbaru mengenai perangkat ini, seperti yang diberitakan oleh PC World, Senin (18/1/2016).

microsoft-hololens

Pada sebuah acara di Tel Aviv, Bruce Harris selaku pengurus dibidang teknis Microsoft mengatakan bahwa perangkat HoloLens nantinya mampu bertahan dari 2,5 jam hingga 5,5 jam, tergantung dari apa saja yang dikerjakan oleh perangkat tersebut. Harris juga menambahkan bahwa perangkat ini juga dapat dihubungkan oleh perangkat lain melalui koneksi Bluetooth dan WiFi, bahkan tidak menutup kemungkinan dapat terhubung melalui sambungan internet.

Harris juga menjelaskan bahwa HoloLens ini nantinya dapat menjalankan aplikasi universal Windows 10. Untuk tampilannya, disebutkan bahwa nantinya para pengguna HoloLens ini akan melihat area yang mirip seperti menatap layar 15 inci dari jarak 2 kaki atau kisaran 66 centimeter.

Sayangnya Harris belum memberitahukan kapan perangkat VR HoloLens ini dapat dicicipi oleh publik. Untuk versi pengembangnya sendiri sebenarnya sudah tersedia, namun harga yang dipatok cukup bikin kantong jebol, yaitu sekitar 3.000 USD atau kisaran 42 juta Rupiah.

(ND/PC World)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here