Perkembangan turnamen game, atau kita sebut eSports memang nampaknya semakin waktu semakin dilirik oleh banyak pihak. Apalagi kita tahu bahwa turnamen eSports sendiri menawarkan hadiah hingga ratusan juta Rupiah, membuat eSports menyita perhatian khusus. Sayangnya hingga kini, cabang olahraga virtual ini hanya dilirik oleh beberapa institusi pendidikan.

esports-1

Tapi kini ada salah satu perguruan tinggi di Amerika Serikat yang peduli terhadap perkembangan eSports, yakni Universitas Midland, yang letaknya di Omaha, Nebraska. Seperti yang diberitakan oleh Tom’s Hardware, Sabtu (14/5/2016), Universitas Midland menawarkan beasiswa bagi mahasiswanya, yang ahli dalam turnamen game alias eSports. Langkah ini diambil mengikuti beberapa perguruan tinggi di Amerika Serikat lainnya yang sudah menerapkan hal serupa, seperti Perguruan Tinggi Columbia, Universitas Robert Morris, Universitas Maryville dan Universitas Pikeville.

Jody Horner selaku Presiden Universitas Midland mengatakan bahwa di sini (Universitas Midland), mereka membebaskan para mahsiswanya untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler di luar jam perkuliahan. Baik dalam kegiatan olahraga atletik, kegiatan sosial, ataupun kegiatan eSports.

Horner menambahkan juga bahwa, biasanya mahasiswa yang sangat aktif dalam kegiatan ekstrakulikuler adalah mahasiswa yang juga berprestasi pada bidang akademiknya. Pihak Universitas Midland juga mengatakan bahwa pendidikan tinggi seharusnya dapat diakses oleh siapa saja, termasuk oleh orang yang tertarik pada bidang teknologi dan eSports ini.

Kabarnya pihak Universitas Midland akan memperbaiki fasilitas gaming pada kampus mereka dan akan dipercayakan kepada organisasi kampus, Midland Warriors. Organisasi ini sendiri telah mengikuti turnamen eSports melalui game League of Legends. Untuk game lain kabarnya mereka akan memperluas lagi, sehingga kampus mereka dapat bertanding dengan divisi game yang berbeda-beda. Tertarik untuk mendapatkan beasiswa dari kampus ini?

(ND)

Baca Juga: SMA di Jakarta Cari Gamer Profesional untuk Mengajar Dota dan Counter Strike

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here