Perjalanan Ke Planet Mars Bakal Lebih Murah Dari Biaya Kuliah?

Perjalanan Ke Planet Mars Bakal Lebih Murah Dari Biaya Kuliah?

by -

Bicara soal ambisi untuk membuat koloni di planet Mars, tentu nama terdepan yang memiliki ambisi tinggi adalah Elon Musk. Perusahaan luar angkasa miliknya, yakni SpaceX telah mengerjakan teknologi untuk mewujudkan rencana tersebut. Kendala yang mereka hadapi adalah biaya yang sangat tinggi, namun Musk berharap jika biayanya bisa dikurangi. Dia sebenarnya bermaksud melakukan perjalanan ke Mars dengan biaya lebih murah daripada masuk ke perguruan tinggi.

(Gambar: Business Insider)
(Gambar: Business Insider)

Musk telah menulis sebuah artikel yang telah diterbitkan oleh jurnal teknologi luang angkasa “New Space”. Sejumlah 16 halaman dari jurnal tersebut tersedia secara gratis di laman New Space hingga bulan depan. Musk mengatakan bahwa perubahan pada rencana yang disorot dalam artikel tersebut juga akan tercapai.

Musk memperkirakan bahwa membawa 12 orang ke Mars untuk memulai sebuah koloni saat ini mencapai $ 10 miliar per orang, tapi dia berharap biaya untuk rencana tersebut bisa diturunkan.

Dikutip dari Ubergizmo, Senin (19/06/2017), “Jika kita bisa mendapatkan biaya pindah ke Mars kira-kira setara dengan harga rata-rata rumah di Amerika Serikat, yaitu sekitar $200.000, maka saya pikir kemungkinan untuk membangun peradaban mandiri sangat tinggi,” tulis Musk.

Namun Musk tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa biaya tersebut dapat diturunkan lagi lebih murah hingga $100.000, dimana biaya tersebut akan lebih murah daripada mendapatkan gelar dari universitas swasta di Amerika Serikat. Menurut Musk, jika tidak ada halangan rencara tersebut dapat terwujud dalam 10 tahun ke depan, namun itu hanya perkiraan saja.

NO COMMENTS

Leave a Reply