Biaya merakit perangkat komputer untuk bermain game memanglah tidak murah. Terlebih untuk mendapatkan tampilan visual yang mengagumkan, perlu merogoh kocek yang dalam. Memang tidak bisa disamakan kualitas grafis antara perangkat komputer dengan perangkat konsol seperti PlayStation 4 dan Xbox One, karena game pada perangkat komputer saat ini rata-rata sudah mendukung resolusi hingga 4K alias Ultra HD.

Demi memenuhi permintaan para gamer yang haus akan tampilan visualisasi yang mengagumkan, dengan resolusi yang besar pula, Xotic PC menawarkan komputer buatan mereka dengan spesifikasi yang sangar. Sebelumnya bagi yang belum tahu, Xotic PC adalah salah satu penyedia jasa perangkat komputer yang dapat dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan kita.

exodus-01

Kali ini, Xotic PC menawarkan konfigurasi sebuah perangkat komputer dengan nama New Exodus. Bagaimana tidak sangar, karena perangkat komputer ini dibekali dengan komponen kelas atas. Sebut saja penggunaan prosesor paling baru dari Intel. Core i7 6700K yang sudah di overclock hingga 4,8GHz. Selain itu juga ada RAM 32GB dari Kingston HyperX Fury DDR4 2666 MHz sebanyak empat keping, yang masing-masing berukuran 8GB. Motherboard yang digunakannya pun juga motherboard papan atas, yaitu MSI Z170A XPower Gaming Titanium Edition.

Soal, penyimpanan data, Xotic PC membenamkan total kapasitas penyimpanan sebanyak 2,5TB, yang mana tiga diantaranya adalah SSD dari Samsung 850 Evo sebesar 500GB yang telah dikonfigurasi menjadi RAID. Sedangkan yang satunya lagi adalah hard disk konvensional dari Seagate Barracuda. Oh ya, pengolah grafis alias VGA card yang digunakan pada perangkat komputer Exodus ini adalah MSI Nvidia GeForce GTX 980 TI 6 GB GDDR5 OC Edition sebanyak dua buah, yang telah dikonfigurasi menjadi SLI. Tentu dengan dua buah kartu grafis terkini, memainkan game pada resolusi 4K bukanlah suatu hal yang berat.

Casing dari Inwin 909
Casing dari Inwin 909

Untuk menyokong semua komponen komputer di atas, Exodus dibekali dengan power supply dari EVGA SuperNOVA 1300 G2 Gold Energy Supply Unit 1300 W. Serta untuk “bajunya”, Xotic PC memilih untuk menyandingkan komputer sangar ini dengan casing dari Inwin 909. Bagi yang belum tahu, casing Inwin ini harganya sudah lebih dari 6 juta Rupiah sendiri. Untuk membuang panas pada prosesor yang dalam keadaan ter-overclock, Exodus menggunakan sistem pendingin air yang sudah dikustomisasi, begitu pula dengan kartu grafisnya.

Kisaran harga yang ditawarkan oleh Xotic PC untuk dapat membawa pulang komputer sangar ini tidaklah murah. Karena mereka memberi label harga pada New Exodus ini sebesar 6.700 USD atau sekitar 92 juta Rupiah.

(ND/Tom’s Hardware)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here