Jaringan 4G LTE sudah hampir tersedia di beberapa kota besar dengan kecepatan yang menjanjikan. Seperti hasil tes yang telah dilakukan, beberapa operator seluler di Indonesia yang telah mendukung jaringan 4G LTE seperti Indosat Ooredoo, Smartfren, Telkomsel, dan XL Axiata, hampir semuanya memiliki kecepatan yang sangat menjanjikan, melebihi 30Mbps.

Sayangnya, untuk saat ini seperti yang telah kita sebutkan tadi, yang mendukung jaringan 4G LTE ini masih kota-kota besar, yang umumnya di Pulau Jawa. Nah untuk menjawab kebutuhan masyarakat di luar pulau Jawa, kini ada dua operator besar yang bekerja sama, yaitu Indosat Ooredoo dan XL Axiata, seperti yang diberitakan oleh JagatReview, Rabu (20/1/2016).

isat-xl

Seperti yang dikatakan oleh Presiden Direktur dan CEO dari XL Axiata, Dian Siswarini, yang mengatakan bahwa dalam penyediaan infrastruktur telekomunikasi yang cepat dan merata di Indonesia, merupakan bagian dari komitmen XL Axiata dalam mendukung program pemerintah. Dia juga menambahkan dengan menggunakan infrastruktur telekomunikasi bersama, akan meningkatkan efisiensi dari kegiatan operasional, yang juga memicu daya saing. Dengan begitu, ekonomi digital Indonesia akan semakin cepat terealisasi.

Presiden Direktur dan CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli, juga mengatakan bahwa mereka senang dapat bekerja sama dengan XL Axiata, dengan begini jaringan 4G LTE akan menjadi lebih luas dan semakin cepat menuju ke ekonomi digital Indonesia.

Kerjasama jaringan atau biasa disebut dengan istilah Network Sharing antara Indosat Ooredoo dan XL Axiata ini sudah dilakukan di negara-negara maju, untuk memperluas cakupan wilayah jaringan. Apalagi program kerjasama ini adalah yang pertama kali di Indonesia.

Untuk fokus pengerjaannya, saat ini hanya beberapa kota di berbagai pulau, seperti di Banjarmasin, Banyumas, Batam, dan Surakarta. Dengan dukungan dari pemerintah, diharapkan selain memberikan kecepatan internet yang cepat, jangkauan dari jaringan akan semakin luas, sehingga tidak mustahil untuk mencapai ekonomi digital Indonesia dengan cepat.

(ND/Jagat Review)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here