Bicara soal perkembangan teknologi masa depan, jaringan 5G adalah hal besar berikutnya dimana banyak perusahaan yang ingin berada di garis depan untuk mengembangkan teknologi baru ini. Standar jaringan yang lebih baru diharapakan membawa sejumlah perbaikan dan peningkatan untuk menghadirkan cara berkomunikasi, salah satunya adalah dengan panggilan video hologram.

5G-Holographic-Video-call

Teknologi ini dihadirkan oleh dua perusahaan teknologi dunia, yakni operator seluler Amerika Serikat, Verizon dan Korean Network (KT) yang dilakukan pada Senin kemarin. Kedua perusahaan melakukan video call hologram pertama di dunia. Panggilan tersebut dilakukan oleh seorang karyawan di kantor pusat KT di Gwanghwamum ke karyawan lain di kantor Verizon, New Jersey, AS.

Karyawan Verizon muncul sebagai gambar holografik pada monitor dan panggilan video tersebut tidak muncul sebagai gambar display-free seperti yang kita lihat pada film-film. Ya, mungkin ini sedikit mengecewakan para penggemar Star Wars, namun teknologi kita saat ini memang belum sampai ke tahap itu.

KT sedang mengembangkan live hologram video call sebagai salah satu layanan media immersive yang akan ditawarkan ketika peluncuran jaringan 5G telah tiba. Perusahaan ini juga mengembangkan layanan lain seperti Sync View, 360° Live VR dan layanan Omni-view. Live VR sendiri diharapkan bakal tersedia selama ajangg Pyeongchang Winter Games 2018 berlangsung dan akan memungkinkan orang untuk menonton acara olahraga secara langsung di VR.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here