Bicara soal sistem operasi, OS Windows buatan Microsoft masih menjadi yang populer mengingat jumlah perangkat PC yang menjalankan OS Windows masih banyak digunakan. Namun ada data terbaru yang cukup mengejutkan. Jika data tersebut memang benar, maka untuk pertama kalinya Android menggeser posisi Windows sebagai OS yang paling banyak digunakan untuk penggunaan online.

android-windows-internet-usage

Data tersebut dari perusahaan analisis web StatCounter, dimana terlihat angka penggunaan Android semakin tinggi setiap tahun dan angka penggunaan Windows semakin merosot, yang membuat Android melampaui Windows.

StatCounter mengumpulkan data dari kode pelacakan yang ditempatkan pada lebih dari 2,5 juta website global yang membawa miliaran tampilan halaman setiap bulan. Data tersebut kemudian dianalisis berdasarkan pada browser, sistem operasi, dan resolusi layar perangkat yang digunakan.

Hal ini memungkinkan StatCounter untuk memastikan jumlah page-views yang berasal dari perangkat mobile dan PC konvensional. Hal ini mengacu pada penggunaan internet sebagai contoh situs yang diakses dan bukan jumlah perangkat yang terhubung ke internet. Angka tersebut juga tidak mewakili pengguna individu dari platform yang mengakses internet.

Grafik tersebut menunjukkan bahwa pada bulan Maret 2012, perangkat Windows menyumbang lebih dari 80 persen dari penggunaan online dibandingkan dengan Android yang mewakili kurang dari 10 persen. Namun setelah lima tahun berlalu, Android mengambil alih posisi Windows, dimana Android berada pada 37,93 persen dan Windows di posisi kedua dengan 37,91 persen.

Meski ini bukan perbedaan yang sangat signifikan, namun perlu diingat bahwa ini baru pertama kali terjadi. Selain itu, mengingat perkembangan Android yang semakin tinggi, kemungkinan angka tersebut akan bergerak lebih jauh lagi di kemudian hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here