Pertama Kalinya Huawei Geser Apple Menjadi Produsen Smartphone Terbesar Kedua Di Dunia

Pertama Kalinya Huawei Geser Apple Menjadi Produsen Smartphone Terbesar Kedua Di Dunia

Bicara soal produsen smartphone terbesar di dunia, pasti nama-nama besar seperti Samsung dan Apple menduduki posisi teratas sebagai produsen smartphone terbesar di dunia. Sudah sejak lama jika Samsung menempati posisi pertama sebagai produsen smartphone besar dunia yang kemudian disusul oleh Apple di posisi kedua. Namun siapa sangka Huawei berhasil menggeser posisi Apple.

Menurut laporan bulanan firma riset pasar Counterpoint Research pada bulan Juni dan Juli lalu menempatkan Huawei ke posisi kedua sebagai produsen smartphone terbesar kedua setelah Samsung. Meski laporan kali ini tidak menyebutkan detail angka, namun posisi Huawei dan Apple hanya selisih tipis di kisaran 12%. Sementara Samsung masih bertengger di posisi teratas dengan pangsa lebih dari 20%.

Karena kemenangan Huawei hanya berbeda tipis dengan Apple, tampaknya posisi tersebut tidak akan bertahan lama mengingat sebentar lagi Apple akan meluncurkan iPhone terbaru. Tahun ini Apple dikabarkan bakal merilis tiga smartphone baru yang terdiri dari iPhone 7s, iPhone 7s, dan iPhone 8 sebagai edisi khusus ulang tahun kesepuluh iPhone.

Meski Huawei juga menyiapkan smartphone flagship Mate 10 dan Mate 10 Pro yang diklaim lebih powerfull ketimbang iPhone 8, namun tetap saja cukup sulit bagi Huawei untuk menyaingi iPhone terbaru. Untuk memuluskan tekadnya menjadi brand smartphone terbesar di dunia, tampaknya Huawei harus merampingkan tipe smartphone yang dinilai terlalu banyak.

Ya, smartphone milik Huawei tidak ada yang masuk ke dalam 10 besar smartphone dengan penjualan terbaik menurut daftar Counterpoint Research. Jadi besarnya pangsa Huawei dikarenakan jumlah tipe smartphone milik mereka yang sangat banyak.

NO COMMENTS

Leave a Reply