Menurut anda, apakah chip mobile dengan clock super tinggi itu mustahil? Sebuah perusahaan pembuatn chip asal Taiwan, Taiwan Semiconductor Manufactoring Company (TSCM), langsung menjawab pertanyaan tersebut dengan memamerkan sebuah chip dual core ARM Cortex A9 yang dibangun di pemrosesan 28 nanometer dan memiliki clock sebesar 3,1 GHz.

Tidak seperti chip dalam smartphone kebanyakan, chip dengan clock 3,1 GHz ini memerlukan sebuah pendingin udara khusus. TSCM memamerkan Chip terbaru mereka untuk menunjukkan bahwa chip mobile dengan clock tinggi itu mungkin.

Sebelumnya, Nvidia meluncurkan prosesor quadcore Tegra 3 dengan pemrosesan 40nm dan menggunakan CPU ARM Cortex A9, sedangkan pesaingnya Qualcomm membuat chip dual core Snapdragon S4 yang dibangun di pemrosesan 28nm yang diklaim jauh lebih hemat daya dari Tegra 3 dengan hasil benchmark yang sama.

Sedangkan penerus A9, yakni chip Cortex A15 memiliki Clock 1 GHz dengan kecepatan 40 kali lebih cepat dari A9. Chip ini kabarnya akan mulai digunakan pada awal tahun 2013.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here