Beberapa waktu lalu, pada acara Black Hat USA 2016, pihak Apple mengatakan bahwa mereka bakal memberikan imbalan dengan angka yang fantastis, apabila ada orang atau kelompok yang mengetahui celah keamanan pada perangkat mereka.Tidak tanggung-tanggung, Apple juga telah menyiapkan uang sebesar 200.000 USD, atau jika dikonversikan sekitar 2,6 miliar Rupiah.

iOS-9

Tetapi, ada tawaran yang lebih menarik daripada tawaran Apple ini, karena kabarnya ada salah satu perusahaan yang siap memberikan uang dua kali lipat dari tawaran Apple tersebut. Seperti yang dilansir dari The Hacker News, Senin (15/8/2016), dikatakan bahwa perusahaan tersebut bernama Exodus Intelligence.

Perusahaan ini kabarnya adalah perusahaan yang bekerja dalam ranah sistem keamanan. Nah setelah Apple mengumumkan tawaran kepada siapa saja yang dapat menemukan celah pada perangkat buatan Apple, Exodus Intelligence langsung angkat bicara. Angka yang ditawarkan oleh perusahaan ini juga lebih banyak dari jumlah yang ditawarkan Apple, yakni 500.000 USD atau sekitar 6,5 miliar Rupiah, angka yang fantastis bukan?

zero-day-exploit-buy

Tentu saja ada syarat yang harus dipenuhi bila menemukan celah, yakni celah tersebut haruslah dalam keadaan zero-day vulnerabilities. Keadaan yang dimaksud adalah, kondisi dimana celah tersebut hingga sekarang masih belum ditemukan patch atau tambal yang dilakukan oleh pihak Apple. Bahkan setelah dilakukan serangan melalui celah tersebut, pihak pengembang perangkat lunak (software) masih juga belum menemukan titik tersebut alias obat penawar.

Selain menawarkan pada temuan celah di sisem operasi iOS, perusahaan ini juga menawarkan bayaran pada celah di beberapa program ternama. Seperti penemuan celah pada Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Windows 10, serta pada program Adobe Reader dan Flash Player. Angka yang ditawarkan juga tinggi, mulai dari 60.000 USD (787 juta Rupiah) hingga 150.000 USD (1,9 miliar Rupiah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here