Penggunaan iPad di pesawat sudah bisa dilakukan sejak beberapa bulan lalu. Kini, Federal Aviation Administration (FAA) baru saja menyetujui penggunaan iPad di cockpit pesawat. Dan, maskapai Americarn Airlines pun berencana untuk mengganti referensi penerbangan manual mereka dengan iPad.


Dengan penggantian kertas manual penerbangan dengan iPad tersebut akan memberikan efisiensi ongkos oleh pihak maskapai. Dikutip dari Cnet, penggunaan iPad tersebut akan menyimpan dana sebesar $1.2 juta USD. Selain itu, dari segi beban pesawat, penggunaan iPad juga akan lebih ringan sebesar 35 pon atau sekitar 17 kg dibandingkan manual penerbangan yang lama.

Vice President American Airlines, Kapten John Hale mengatakan bahwa mereka sangat senang dengan penggunaan iPad di cockpit yang disetujui oleh pihak FAA. “Dengan persetujuan dari FAA, kami mampu memanfaatkan iPad untuk meningkatkan keuntungan program Electronic Flight Bag kami, termasuk meningkatkan lingkungan kerja pilot, mengurangi ketergantungan terhadap produk kertas serta meningkatkan efisiensi bahan bakar pesawat,” jelasnya.

Selain itu, mereka juga mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan bahwa mereka akan memakai tablet Android. Tentunya hal tersebut bisa mereka lakukan jika pihak FAA sudah menyetujui penggunaan tablet Android atau tablet Windows di area cockpit pesawat.

(Via Cnet)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here