Beberapa bulan lalu, Samsung dan Apple berseteru sengit terkait tuduhan penjiplakan desain yang dilakukan oleh Samsung. Dan kini, Apple pun menuduh produsen smartphone Android lainnya yang telah melakukan aktivitas serupa. Perusahaan yagn dimaksud adalah XiaoMi, produsen smartphone yang kerap dianggap dengan sebutan Apple dari timur.

Adalah Jonathan Ive, Senior Vice President of Design Apple mengatakan kalau beberapa produk dari XiaoMi mempunyai kemiripan yang sangat banyak kalau dibandingkan dengan produk Apple. Dia mengatakan kalau kemiripan tersebut diungkapkannya bukan sebagai bentuk pujian. “Saya melihat hal ini sebagai pencurian, dan itu sangat malas,” ujar Ive.

Jonathan.Ive

Dia mengatakan kalau sebuah produk yang cantik tak akan terlihat cantik kalau tak dilakukan dengan benar. Termasuk di antaranya adalah pada saat menggunakan cara-cara yang tak elok untuk menjiplak desain dari produk perusahaan lain.

Jika perseteruan antara Apple dengan Samsung dulu berakhir di pengadilan dan dimenangkan oleh Apple, lalu bagaimana dengan perseteruan yang dikobarkan oleh Apple ini? Apakah juga akan berakhir serupa? Belum ada pernyataan resmi dari pihak XiaoMi terkait tuduhan hal ini. Juga belum ada pernyataan apakah Apple juga akan melancarkan tuntutan hukum kepada XiaoMi.

via 9to5Mac

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here